resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Tuesday, April 11, 2017

Lontong padang 

Nemu kerupuk merah yg dikirimin ortu hampir setahun yg lalu, pas lebaran tahun lalu 

Langsung kepikiran pengen lontong, memang udah ngidam ini jg dari bbrp waktu yg lalu 

Resep masih sama dgn ini http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2016/02/lontong-gulai-cubadak.html?m=1

Tapi ini cuma pakai buncis dan tahu, ga punya stok nangka hehe 

Chocolate sponge cake 

Sumber resep dari sini https://youtu.be/SFSQ6Khbj0k

Dimodif dengan 3 telur, pakai cetakan bulat diameter 17.5 cm 


Tekstur cake nya lembuut banget masyaAllah 

Takoyaki 


Dulu sering bikin si bulat bulat ini. Tapi sekarang udah jarang. Kmrn iseng bikin lagi, nyari resep baru. 

Resep dari sini https://cookpad.com/recipe/534843 , tapi ini hanya pakai 2 telur 


Nanti insyaAllah di terjemahkan resepnya, ini nyimpan link aja dulu ^^ 

Monday, March 27, 2017

Semur ayam 

Hari ini masak semur aja, bosan sama santan santan  Suami bilang enak,kalau suami dah bilang gitu baru lah resepnya boleh masuk dokumentasi ^^  Bahan : 
  • 1 kg ayam 
  • 3 siung bawang putih 
  • 1/2 bh bawang bombay ukuran sedang 
  • 1 bh tomat 
  • 1 lbr daun salam 
  • Cabe merah iris 
  • Paprika hijau iris 
  • Daun bawang iris 
  • Air secukupnya 
  • Garam merica 
  • 1 sdm saus tiram 
  • Kecap ( sesukanya , kalau saya lbh suka tidak terlalu hitam) 
Rempah: 
  • 1 bh kapulaga 
  • 1 bh pekak/bunga lawang,yg kecil 
  • 2 cm kayumanis batang 
Cara : 
  • Ayam lumuri garam dan jeruk nipis, goreng 3/4 matang 
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi. Masukkan rempah dan daun bawang. Tambahkan air , saus tiram dan kecap manis. Tambahkan ayam. Masukkan bahan lain, masak sampai kuah agak menyusut. 
  • Setelah matang langsung keluarkan bunga lawang, karna rempah satu ini kuat banget bau dan rasa nya . 
Hmm lebih enak kalau ada mie soun , ini kebetulan lagi ga ada apa apa di kulkas, belum belanja , jadi stok bahan pada habis :D 

Wednesday, March 15, 2017

Asam pedas ayam bakso



 Menu sekolah abang afif hari ini kare daging. Tapi lagi eneg denger kata "kare". Soalnya dari minggu minggu kmrn dimasakin kare terus sama suami. Ya udah mutusin bikin asam padeh daging aja. Liat freezer, koq daging ga ada, ah baru ingat kalau udah di pakai semuanya buat nge bakso minggu lalu.bakso nya msh nyisa simpanannya di freezer. Ya udah pakai ayam aja dan sisa bakso ^^

 -asam padeh ayam &bakso -

 Bahan :
 Ayam boneless 
 Bakso 
 1 bh sereh geprek 
 4 lbr daun jeruk 
 2 lbr daun salam
 1 ikat kecil daun kunyit
 3 bh asam kandis 
 Tahu ( boleh ganti kentang) 

Bumbu halus: 
 5 siung bawang putih 
 1/2 bh bawang bombay
 Cabe merah 
 1 bh pi-man (paprika hijau) 
 3 cm jahe 
 3 cm lengkuas 
 3 butir kemiri 
 Kunyit bubuk 
 Ketumbar bubuk
 Garam 

Cara bikin :  Bikin asam padeh itu paling simpel. Smua direbusin jadi satu, tinggal tunggu matang^^  Dalam panci, masukkan air (sekitar 1 ~ 1.5 liter). Masukkan bumbu halus ,garam dan semua dedaunan, ayam . Masak sampai ayam matang ( sekitar 20-30 menit). ditengah jalan masukin bakso dan tahu  # karna disini ga ada cabe merah keriting, adanya cabe merah thailand yg pedas nya sama kyk cabe rawit, jadi ngakalinnya pake cabe thailand sedikit+cabe merah bubuk ( produk korea kayaknya, ga pedas sama sekali, warna nya aja yg merah) , jadi asam padeh tetap bisa merah warnanya

Burger tahu

Menu sekolah abang afif burger. Di rmh cuma ada sedikit ayam. Dan ada tahu. Ya udah bikin burger tahu aja. Alhamdulillah semua suka, laris ^^ Saya terinspirasi dari sini https://youtu.be/_v3BtrEETdQ Tapi di bumbuny saya modifikasi  Bahan 
  • 2 kotak tahu (600 gr) 
  • 100 gr daging ayam halus 
  • Bawang putih bubuk (1 sdm) 
  • Ketumbar bubuk ( 1 sdm)
  • Garam masala bubuk (1/2 sdt ) 
  • Garam merica 
  • 1 bh telur 
  • Tepung roti ( 1 genggam tangan) 
Cara : tahu di keluarkan airnya sampai benar benar kering . Caranya bisa seperti di video, atau kalau cara saya, keluarkan tahu 1/2 jam sblm dimasak, buka kotaknya,buang airnya dan  biarkan tahun terbuka, airnya akan keluar sendiri. Bisa juga dengan menghimpit tahu dengan benda berat , akan lbh cepat keluar airnya  Cara selanjutnya sama seperti yg di video  Bahan saus : 
  •  1 bh tomat segar 
  • Bawang putih cincang
  • Sedikit saus tiram ( 1 sdm) 
  • Air kaldu ayam ( pakai sisa kuah sup ) 
Cara :  Tumis bawang putih sampai coklat, masukkan tomat cincang. Masak sampai hancur, tambahkan bahan lain, tunggu sampai kental 

Nasi goreng 

Nasi goreng menu yg paling simpel . Siap dalam 10 menit . Biasanya bikin ini kalau lauk udah abis ^^  Bikin nasi goreng pake beras jepang( pulen) itu susah susah gampang. Intinya ada pada urutan masuk ( nasi segera masuk setelah telur, pas telur masih belum matang) dan pakai api besar, masak cepat  Ini bahan pake apa yg ada aja Nasi 1 porsi  2 butir telur kocok lepas Bawang putih cincang  Saus tiram Sambalado hijau(sudah jadi)  Cabe bubuk merah Saus tiram secukupnya (1 sdm)  Garam merica  Kaldu ikan bubuk  Cara buat:  di wajan,masukkan minyak untuk menumis. Masak dgn api besar.Tumis bawang putih,masukkan telur lalu segera masukkan nasi.aduk aduk nasi dgn cepat,agar air air nasi segera hilang. Masukkan smua bahan lain, aduk ( biasanya saya aduk dengan menggoyangkan wajan , lbh efektif dan bisa cepat) 

Tuesday, December 06, 2016

Roll Cake Coklat


Sumber resep http://cookpad.com/recipe/493111
Lembut 💕

Resep 
4 butir telur 
90 gr gula
50 gr terigu
25 gr cocoa powder
20 gr mentega
20 gr susu cair

Cara :
Ayak terigu dan cocoa powder , sisihkan
Cairkan mentega+susu cair ( panaskan di microwave ) , atau di tim di kompor, sisihkan

Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental
Masukkan terigu+cocoa powder, aduk . Masukkan cairan (susu+mentega) , aduk. Tuangkan ke cetakan roll cake. Panggang disuhu 180 derjat selama 15 menit

Dalam keadaan msh panas hangat hangat kuku, gulung seadanya, biarkan tetap tertutup ( dgn kertas roti), agar tetap lembap. Sambil menunggu agak dingin. Kocok krim . Buka gulungan cake, beri krim, bisa ditambah buah atau yg lain, gulung cake. Bungkus plastik wrap. Biarkan 1~2 jam di kullas, baru dipotong

donat kentang

Donat kentang 
Resep: nikmatul rosidah 

500 gr terigu protein sedang 
7 gr ragi 
75 gr gula
1.5 sdt garam
1 btr telur suhu ruang
50 gr mentega suhu ruang
100 ml susu cair hangat
350 gr kentang yg sudah dihaluskan

Cara : ngeliat disini https://youtu.be/_wkdinsdNH0

Saturday, December 03, 2016

roti sobek


Roti sobek
Resep by : nikmatul rosidah

550 gr terigu pro tinggi
80 gr gula 
1.5 sdt garam
7 gr ragi
1 bh telur dan 1 kuning telur
300 ml susu cair hangat
50 gr butter suhu ruang

Cara :
Liat di video ini https://youtu.be/4QP-AAjCZs8

Catatan:
Saya pakai tepung protein sedang
Adonan lembek, tips dari mbak nikmatul rosidah mengenai adonan lembek ada disinihttps://youtu.be/wYCQNuVQIy8

Wednesday, November 16, 2016

Pancake tepung beras




pake meringue (putih telur yg dikocok sampai kaku) ,jadinya udah bisa ngembang tanpa baking powder dan sejenisnya 

resep 

2 butir telur , pisah kuning dan putih
200 gr tepung beras
80 gr terigu
350~380 ml santan
100 gr gula
sejumput garam

cara :

kocok putih telur bersama sebagian gula,sampai soft peak ,sisihkan

diwadah lain, kocok kuning telur , masukkan susu , masukkan tepung dan garam ,aduk sampai tidak ada gumpalan
masukkan meringue putih telur secara bertahap , aduk rata

panggang di teflon ,masak dengan api kecil ( saya pake teflon makitamago dulu yg kecil,lalu pas matang bagian bawahnya (tandanya sudah keluar lubang lubang diseleruh permukaan,balikkan ke teflon yg lebih besar,tunggu sebentar saja lalu siap angkat)

sepertinya bisa jadi kulit martabak manis juga deh



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...