resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Tuesday, August 02, 2016

Lontong rice cooker,lontong semudah masak nasi



ini resep buat yg tinggal di jepang atau negara lain,pakai beras thailand atau beras yg tipe panjang panjang,bukan yg pulen 

Bahan 
Beras thailand 
Sedikit garam 

Perbandingan beras thailand dan air=1:3 
Beri sedikit garam .masak seperti biasa 
Tekan tekan/hancurkan ,sambil pindahkan ke wadah.padat padatkan dg sendok nasi. Tunggu dingin

Kmrn jg ada yg ngeshare caranya,liat disini tips no.1
Catatan : 
Ini buat yg tinggal di jpn,pake beras thailand 

Kalau yg tinggal di indonesia ,pake beras indonesia aja. Ini resep yg dipake mama saya yg diindonesia.selalunya pake beras indonesia dan airnya 2 kali lipat masak nasi biasa


Lontong padang





bahan :
daging + saya tambah sedikit hati ayam 
4 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam 
1 lbr daun kunyit 
2 bh sereh,geprek lalu simpul 
2 bh asam kandis 
1 kaleng santan (400 ml) +air=1.5 liter 

bumbu halus : 
6 siung bawang putih 
1/2 bh bawang bombay 
2 cm jahe 
3 cm lengkuas
kunyit bubuk 
ketumbar bubuk 
7 bh cabe ( pake cabe thailnad yg pedes, kalo cabe keriting bs lbh banyak) 
garam dan merica

cara : 

potong potong daging , rebus di presto sampai lembut , sisihkan (air rebusan nanti buat nambah kuah gulai) 

tumis bumbu halus , daun daun ,sereh ,tumis sampai harum . masukkan santan+air , daging juga ,tambah asam kandis 
setelah mendidih masukkan hati ayam , nangka , kali ini jg ditambah tempe .masak sampai matang dan keluar minyak 

siap dihidangkan bersama lontong dan mie kuning

Ayam terasi santan


Pempek teri



resep asli pakai yang dari blog JTT  ,tapi kali ini ditambahkan teri 

 Bahan:
- 250 ml air
- 2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 125 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 2 butir telur
- 1 genggam teri 
- 200 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang (potato starch)

Isi:
4 butir telur, kocok lepas 

Saus cuko:
- 200 gram gula merah
- 500 ml air
- 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa
- 8 siung bawang putih
- 5 cabai rawit merah
- 3 cabai merah keriting
- 1 1/2 sendok makan ebi kering
- 1/2 sendok makan garam

cara membuat : 
dalam panci masukkan air, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih.Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dengan menggunakan spatula.

Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga agak hangat. 

Lalu aduk adonan ( bisa dengan food processor) dengan 2 bh telur. masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit

lalu bentuk pempek kapal selam ,masukkan kedalam panci berisi air yg sudah mendidih. rebus sampai mengapung ( tandanya sudah matang )

bikin kuah cuka, rebus semua bahan sampai layu . blender (saya pakai hand blender) , lalu saring.

goreng pempek , lalu hidangkan dengan saus cuko dan timun 

Sunday, July 03, 2016

bolu pisang

sumber resep https://cookpad.com/id/resep/729477-bolu-pisang-yummyy-bingiiittss?ref=search

judulnya disana bolu pisang yummy bingiits,, setelah dicoba...iya benar enak banget,bikin ketagihan.lembut.saya modifikasi dengan nambahin cinnamon powder dan yang ini ga pake baking powder,jadi tanpa btp 

resep : 
2 bh pisang matang
100 gr gula
110 gr minyak sayur
3 bh telur
150 gr tepung terigu
1/3 sdt gram
1 sdt cinnamon powder

cara bikin persis sama dengan cake coklat yg pernah saya bikin album step buy step nya disinihttps://www.facebook.com/ummuafif/media_set?set=a.1078833965483496.1073741855.100000707087330&type=3 ,,terakhir masukkan pisang yg sudah dilumatkan dan dicampur cinnamon powder. panggang dalam oven yg telah dipanaskan terlebih dahulu,180 derjat 40- 50 menit

Thursday, March 24, 2016

Mie ayam


minyak ayam dan cabe




Judulnya mendadak mie ayam . Beginilah kalau lagi malas bikin menu harian . Pas ngluarin bahan dari kulkas bahkan pas dah siapin panci dan dah mulai potong potong masih blm tau mau dimasak apa. Ada ayam,ada jamur , keingat ada mie di kulkas jadi kepikiran bikin mie ayam.dengan bahan seadanya dan sepraktis prktisnya hehe
Alhamdulillah tetap enak koq , dapat nilai 9 dari suami :D

Mie ayam ini dibuat dengan 2 buah ayam boneless masing masing  ukuran 250 gr an
Jadi saya bagi bagi. Kulitnya saya sisihkan tuk minyak ayam. Daging ayamnya saya cincang.sedikiit saya sisakan tuk kuah,selebihnya tuk ayam jamur


Resep bikin ayam jamur

Bawang putih dan bawang bombay ,garam merica,ketumbar , semua di ulek

Tumis bumbu yg sudah di ulek ,masukkan 2 lbr daun jeruk,1 lbr daun salam , lengkuas geprek. Tumis sampai wangi
Masukkan ayam cincang .aduk sampai berubah warna, tambahkan jamur. Beri kecap manis dan saus tiram,dan sedikit air .tunggu sampai air menyusut



Minyak ayam :
Panaskan sedikit minyak sayur.masukkan kulit ayam.biarkan sampai kering (jangan diaduk) dan keluar minyak,trus balik,biarkan lagi hingga kering . Ditengah jalan masukkan 2 bh bawang  putih geprek, masak hingga kecoklatan. Masukkan juga kunyit (sekitar 1 cm) biarkan kecoklatan.angkat bawang putih dan kunyit. Bawang putihnya di ulek halus, untu bumbu kuah
Angkat juga kulit ayam yg telah kering. Masukkan daun bawang yg dirajang halus. Tumis sampai wangi,tambahkan kecap asin dan sedikit air . Minyak ayam siap digunakan

Kuah :
Rebus air dan sedikit ayam. Masukkan daun bawang , bawang goreng,tambahkan bawang putih halus yg di minyak ayam tadi, tambahkan beberapa sdm minyak ayam .rebus sampai mendidih ,siap hidang

Masukkan beberapa sdm minyak ayam dalam wadah saji,masukkan mie kuning,aduk aduk. Tata pelengkap lainnya . Mie ayam siap dihidangkan bersama pelengkap pelengkap nya

Cumi Tumis Tahu

Resep simpel aja

Bawang putih,bawang bombay,ketumbar ,cabe merah ,cabe rawit, semua bahan di ulek

Lengkuas di geprek
Daun bawang diiris
Tahu putih digoreng dulu setengah matang
Garam merica

Cara :
Tumis bumbu yang di ulek dan lengkuas  sampai wangi .masukkan daun bawang , tambahkan tahu, lalu masukkan cumi . Tambah garam dan merica. Tutup wajan. Tunggu sampai matang


Sunday, March 20, 2016

perkedel tahu

3 kotak tahu (1 kotak ukuran 400 gr )

5 siung bawang putih 
1 buah telur 
1 sdt ketumbar 
1 sdm kaldu bubuk 
1 sdmbawang goreng 
daun bawang diiris halus 
beberapa sdm tepung kanji 

cara buat :
campur semua bahan dan aduk rata, bentuk, lalu goreng 


note: 
tahu nya pakai momen doufu (木綿豆腐)、di peras /dikeluarkan dulu airnya 

Rendang Padang


pas sebelum bikin kebetulan lagi nelp mama , sekalian nanya resep rendang nya mama. dijelasin detail sampai ke ukuran ukuran nya :D . ni pake santan kental (santan kotak) yg ukuran 1000 ml , kirain kebanyakan tuk 1 kg daging , ternyata segini lah baru dapat dedak nya. kangen makan nasi dengan dedak rendang,seperti masa masa kecil dulu :D kayaknya baru kali ini deh bikin rendang yang puas bisa dapat dedak nya seperti ini,sama kayak bikinan mama ^^
resep :
  • 1 kg daging 
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam 
  • 1 lbr daun kunyit 
  • 2 bh kapulaga 
  • 1 bh bunga lawang 
  • 1 liter santan
bumbu halus :
  • 1 bh bawang bombay (ukuran menengah) 
  • 5~7 siung bawang putih 
  • 2 ruas lengkuas
  • cabe merah (sesuai selera) 
  • 1.5 ruas jahe 
  • 1 sdm garam masala bubuk (*1)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
Cara buat :
tumis bumbu halus hingga wangi. masukkan daun daunan (kecuali daun kunyit, masukin belakangan aja)
masukkan santan ,tunggu mendidih lalu masukkan daging dan rempah rempah . masak terus sambil sesekali diaduk agar santan ga pecah .masaknya pake api sedang.setelah jadi kalio ( kuah menyusut dan kental) lalu masak dengan api kecil.harus tambah sering diaduk,aduk dgn gerakan menimba,agar daging ga pecah . masak terus sampai warna yg diinginkan (coklat) , yah kira kira 3 jam an atau lebih ^^
note :
(*1) garam masala bubuk adalah campuran rempah seperti adas,kapulaga, jintan ,dll yang disatukan dan dihaluskan (sudah ada yg jual jadi, biasanya dipakai juga di masakan masakan india atau pakistan ) . kalau tidak ada,biasanya bisa diganti dengan bubuk kambing ( mama saya suka pakai ini) , itu juga campuran rempah

Wednesday, March 09, 2016

Brownis coklat ubi



awalnya cuma mau bikin brownis coklat seperti biasa. tapi keingat kalau ada 1 buah ubi yang sudah di kukus ,sisa bikin cake kemarin . jadi ubi nya dimasukin ke adonan aja. jadi seperti pake campuran almond , tapi sebenarnya ubi hehe
Resep : 

4 bh telur 
150 gr gula
150 gr ubi jalar
200 gr terigu 
40 gr cocoa powder 
200 gr minyak goreng 

cara : 
haluskan ubi beri sedikit susu cair (sedikit aja,1~2sdm , supaya lembut) ,sisihkan 
aduk telur dan gula sampai mengembang , tambahkan minyak goreng sambil terus di aduk dengan  mixer. lalu masukkan tepung yg sudah diayak bersama cocoa powder. aduk rata. masukkan ubi, aduk sampai tercampur rata. tuang ke dalam cetakan , lalu panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu , 180 derjat selama 30 menit 

catatan: 
1. saya pakai 2 buah cetakan  ukuran 17.5 , sekali panggang .
2. gula nya bisa 150 gr ~200 gr . saya mengurangi manis makanya pake 150 gr. mm selain itu memang karna stok gula pas cuma tinggal 150 gr sih sebenarnya hehe :D 

3. ada sedikit coklat batang , saya taburin aja di atas adonan nya .


Tuesday, March 08, 2016

Tumis komatsuna dan jamur


Bihun goreng


Orak arik tempe telur petai


kambing dan tahu kuah


Resep menyusul


Cake Ubi Jalar

Sumber dari http://cookpad.com/recipe/3624161 dengan modifikasi

Resep
4 bh telur
120 gr gula
140 gr mentega
250 gr tepung terigu
6 gr baking powder
250 gr ubi jalar , kukus lalu haluskan

Cara :
Ayak tepung dan baking powder , sisihkan

Kocok mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur (yg sudah dikocok lepas) sedikit demi sedikit ,aduk rata.tambahkan ubi , aduk rata. Masukkan campuran terigu dan baking powder, aduk rata . Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu , 180 derjat selama 30-40 menit

Friday, March 04, 2016

Burger tahu

Menu sekolah abang hari ini hanba-gu (hamburger ) dirumah cuma ada tahu dan ayam sedikiit. Jadi bikin burger tahu aja.
Resep asal asalan ,alhamdulillah enak juga :D


Resep
2 kotak tahu (momen doufu ) ,dikeluarkan airnya
Sedikit ayam giling buat campuran
3  siung bawang putih
1/2 bawang bombay
Daun bawang  secukupnya,dirajang halus
1 sdt dashi bubuk (kaldu ikan)
1 sdt ketumbar bubuk
1 bh telur
Garam dan merica

Cara buat :
Bawang bombay di rajang lalu ditumis sampai kecoklatan,sisihkan

Dalam wadah,masukkan tahu lalu haluskan,tambahkan ayam giling dan smua bahan lain, juga bawang bombay yg sudah ditumis . Lalu bulat bulatkan seperti layaknya bikin burger ( caranya,ambil adonan sekepal,lalu lempar dari tangan kiri ke kanan,kanan ke kiri, hingga adonan terbentuk )
Panaskan wajan , beri sedikit minyak. Lalu tata burger ,masak dg api agak besar dulu,sampai bawahnya kecoklatan,balik. Lalu masukkan air panas sekutar setengah cup.tutup wajan, masak dg api kecil sampai air berkurang.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...