Saturday, April 19, 2014

Soto mie


Baru tau sama yg namanya soto mie , blm pernah makan yg asli.. Baru ini bikin, enak karna ada khasnya pake risol bihun. 
Bumbunya saya samain aja kyk biasanya bikin soto hehe 

Soto mie 

500 gr daging 
2 bh serai 
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk 
3 bh kapulaga 
Kayumanis batang 
Garam 
Merica 
Air utk merebus 


Bumbu halus: 

8 siung bawang putih 
1 bh bawang bombay ukuran menengah 
2 cm jahe 
2 bh kemiri 
2 cm kunyit 

Pelengkap : 
Risol bihun 
Tomat 
Daun bawang 
Daun sup
Bihun
Mie kuning 
Bawang goreng 
Kol 
Cabe rebus 

Cara : 
Rebus daging bersama daun salam,daun jeruk dan sereh, sampai empuk 
Sisakan sekitar 2 liter air rebusan 

Tumis bumbu halus, masukkan ke panci rebusan daging , tambahkan kapulaga , garam dan merica.masak sampai bumbu matang , angkat daging lalu potong potong dagingnya 

Hidangkan soto bersama pelengkap 

Sambal soto nya :
Cabe rawit di rebus bersama bawang merah lalu haluskan , tambah perasan jeruk lemon ,sedikit garam dan kuah soto

Ika Stick


Niat hati mau bikin ika ring (ika=cumi) 
Tapi ternyata cumi yg saya beli udah di potong tengahnya, jadi ga bs ring deh hehe. 
Simpeel banget deh ini tapi kata suami enak banget (bagi yg suka cumi yaa hehe)



Cara buatnya 

Cumi(yg sudah putih,maksudnya yg sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya) 
,di lumuri dg air jeruk lemon+garam+merica+cabe bubuk (boleh kalau mau pakai bawang putih halus,saya lg malas hehe) 

Lalu tutup plastik, inap kan semalam di kulkas 


Besoknya balut dengan : tepung terigu,lalu telur kocok lalu tepung roti(panko , Oia tepung roti nya di campur dg daun peterseli cincang) 



Diamkan sebentar di kulkas sebelum di goreng 
Saya jg jadikan sebagai stock freezer, tuk bento suami 


Monday, March 17, 2014

Asam padeh Ikan


Asam padeh atau pangek ikan adalah masakan favorit mama saya dari dulu. Karna itulah rasa masakan ini sudah sangat familiar di lidah 
Membuatnya mudah tinggal rebus semua bahan. Menjadi salah satu menu favorit keluarga saya juga sekarang,salah satu  karna alasan simpel masak nya ini hehe 
Afif pun sukaa sekali dengan menu ikan asam pedas. Biasanya kalau di Indonesia seringnya ikan patin atau baung, kalau disini biasanya saya suka pakai ikan yg mirip ikan mas, pipih gitu , dan ini beli yg hanya bagian kepala  dan sisa sisa badan yg bercampur tulang dan lemak nya, cocok di buat asam padeh, minyak ikan nya banyak

Resep 

Ikan , bersihkan 

Bumbu halus:
5 siung bawang merah 
1/2 bh bawang bombay 
3 bh kemiri 
2 cm jahe 
2 cm lengkuas 
1/2 sdt kunyit bubuk (boleh pake yg segar) 
Cabe merah  
2 sdm cut tomatoes(tomat kaleng, atau bs diganti dg 1 bh tomat)
Garam

Bahan lain: 
1 ikat daun kunyit 
1 bh sereh , geprek 
4 lbr daun jeruk 
2 lbr daun salam 
2-3 bh asam kandis
Air secukupnya (2 gelas atau lebih) 

Cara: 

Masukkan air, masukkan bumbu dan semua bahan lain, taruh ikan di atasnya(Oia asam kandis dimasukkan setelah air mendidih).tutup panci,masak dg api sedang lalu tunggu 30 menitan, siap dihidangkan. 

Thursday, February 06, 2014

Sup ayam



Minggu minggu pertama abis lahiran
,suami yg ambil alih tugas dapur 

Ini sup suami yg masak . rasanya special banget dan beda dg sup yg biasa saya masak . Ternyata ini pakai daun jeruk ,wangi dan gurih.. Kata suami sih biar sekalian ngilangin amis nya ayam :D 

Wednesday, January 22, 2014

Sambal bawang


Resep : 
15 bh cabe rawit merah 
6 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
Garam dan gula secukupnya 
3 sdm minyak panas 

Cara : 
Ulek smua bahan ,lalu siram dengan minyak panas 

Donat


Sebenarnya lg istirahat ke dapur karna baru seminggu abis lahiran 
Tapi ngeliat foto donat di fb duh koq jd pengen 
Akhirnya nekat bikin , abis selesai nggoreng donatnya kecapean dah ga bs beres beresin meja dan dapur lg,si bayi jg keburu nangis hehe ,akhirnya suami yg bantuin beresin malamnya .. Yang penting donatnya udah jadi hihi 

Resep ini saya modif dari resep donat ala cafe nya mbak siti https://m.facebook.com/photo.php?fbid=652784904735523&id=100000120571041&set=a.688262167854463.1073741831.100000120571041&source=43&__user=100000707087330

saya pakai setengah resep 

Bahan I :
425 gr terigu protein sedang (resep asli protein tinggi) 
6 gr ragi 
300 ml susu hangat 
30 gr gula 

Bahan II 
100 gr tepung terigu protein rendah (resep asli protein tinggi,saya kehabisan protein sedang,yg tinggal hanya protein rendah ..alhamdulillah jd juga hehe) 
60 gr mentega 
30 gr gula 
1 bh telur
8 gr garam ( resep asli 10 gr, di kurangi karna pake mentega yg dah bergaram )

Cara : 
Aduk bahan I sampai tercampur rata. Tutup wadah,diamkan 90 menit 

Masukkan bahan II ke dalam bahan I , ulen hingga kalis (saya pakai bread maker,20 menit) 
Kempiskan adonan,bulatkan lalu pipihkan sekitar 1 cm (intinya cetak adonan) 
Lalu diamkan 15 menit , trus goreng 

Friday, January 10, 2014

Kare ayam


Foto seadanya sesaat sebelum makan ^^ 

Biasanya bikin pake daging kambing, kali ini pake ayam. Kalo ayam ga perlu di presto

 kalo bikin kare wangi nya tuh memenuhi ruangan , kaya rempah ^^

Sebenarnya lbh enak lg kalau ditambahin yogurt (plain yogurt), tp ini lg ga ada

Resep : 

1 kg ayam 
1/2 bh bawang bombay ukuran besar,rajang halus. (kalau bombay ukuran menengah pake 1 bh aja) 
2 bh sereh , geprek 
2 lbr daun salam 
4 lbr daun jeruk 
2 cm lengkuas,geprek
3 bh kapulaga (cardamon)
1 bh bunga lawang/pekak
4-5 cm (kira kira) kayumanis batang
1 sdm garam masala

Bumbu halus: 
4 siung bawang putih 
2-3 cm jahe 
Kunyit bubuk sedikit 
1 bh tomat
Cabe merah (pake 7 bh cabe thailand,kalau cabe merah keriting ditambah aja ,sesuai selera) 

Cara : 
Tumis bawang bombay sampai harum 
Masukkan smua bahan lain (kecuali ayam) , tumis sampai wangi 
Tambahkan potongan ayam , garam . Lalu air sampai menutupi ayam (kalau ada plain yogurt bisa tambahkan di tahap ini,kurangi airnya ) 
Tutup wajan lalu masak sampai ayam matang ,dg api sedang (sekitar 30 menit)

Thursday, January 09, 2014

Sayur santan


Saya suka kol di sayur kayak gini.. Dari kecil suka dibikinin nenek ..
Kalo di jepang sini ada lagi selain kol yg enak juga diginiin, namanya "hakusai" sejenis kol jepang jg kayaknya 

Ini karna semua stok di kulkas tinggal dikit, jadi di campur aja kol sama hakusai sama jamur hehe 

Cara masak sayur ini sangat mudah ,kali ini saya tambahin pake ikan teri ^^ 

Caranya : panaskan sedikit minyak,tumis ikan teri sampai agak matang,tambahkan bawang bombay ,bawang putih yg diiris dan 1 cm lengkuas geprek ( dikira kira aja sih) .. Tumis sampai harum.. Masukkan cabe rawit , masukkan santan (yg encer aja) ,masukkan semua sayur ..garam dan gula ,masak sampai sayur matang



Makan kami malam ini adalah sayur ini dan jamur crispy .. Hehe kmrn soalnya dah makan daging asam padeh,jd hr ini mau yg simpel aja,simpel tapi nikmat alhamdulillah..

Ayam bumbu kuning


Ceritanya pengen bikin gulai ayam.. Nunggu suami dulu beli santannya,ntar tinggal nambahin santannya terakhir .. Eh tapi ayamnya udah keburu empuk dan malas rasanya ngutak ngatik lagi.. Suami jg rupanya siang ga bs pulang buat nganterin santan yg tadi di beli ..jadi ya sudahlah .. Begini juga enak ternyata .. Tanpa santan hehe 

Bumbunya pake bumbu gulai biasa aja .. Bumbu halusnya : bawang bombay,bawang putih,cabe,kemiri,jahe,lengkuas,kunyit,ketumbar 

Trus daun daunannya : daun jeruk,daun salam,sereh 

Tumis bumbu halus dan semua dedaunan sampai wangi,masukkan ayam , tambahkan air.. Masak sampai kuah menyusut dan ayam empuk

Asam Padeh Daging


Asam padeh atau pangek adalah salah satu masakan favorit saya dari kecil .. Kana mama juga suka bikin ini . Menurut mama juga ini adalah masakan yg simpel banget dan cepat masaknya, terutama pangek ikan ..tinggal blender bumbu lalu rebus smuanya

Sayangnya kalo disini ga bs bikin asam padeh  yg warna nya merah kyk kalo yg mama bikin,karna disini pake cabe nya cabe thailand yg super pedas, susah nyari cabe merah keriting ala indonesia 

Biasanya sih saya sukanya pake ikan,tp karna ikan habis jadi kali ini pake daging, agak lebih ribet karna saya presto dulu daging nya sampai agak empuk 

Resep : 

daging (pakai 3/4 kilo) 
1 bh sereh 
1 lbr daun kunyit 
4-5 lbr daun jeruk 
2 lbr daun salam 
2-3 bh asam kandis 
1 buah tomat,bagi 4 
Garam 
1.5 liter air (disesuaikan)
2-3 bh kentang , potong 

Bumbu halus : 
3/4 bh bawang bombay ukuran besar 
6 siung bawang putih
3 cm lengkuas 
2 cm jahe 
Kunyit bubuk (secukupnya)
3 bh kemiri 
7 bh cabe merah (karna saya pake cabe thailand , kalo cabe keriting bs 100 gr atau lebih)

Cara : 
saya presto dulu dagingnya sampai agak empuk 

Lalu masukkan bumbu halus dan bahan lainnya (kecuali kentang dan tomat), masak lagi stngh jam sampai air menyusut dan bumbu meresap, lalu masukkan kentang dan tomat, masak sampai kentang empuk

Tuesday, December 17, 2013

ayam panggang praktis




minggu lalu pas nelp ortu,ngobrolin masakan sama mama 
Dapatlah resep ini ,mirip ayam bakar padang sih kyknya tapi ini ga pakai di ungkep 
Simpel ,dibumbui malam
kemarin trus masukin kulkas,td pagi tinggal panggang 

Bumbunya main kira kira aja takarannya .sama dg bumbu gulai,jd kyk gimana biasa masak gulai aja

Resep
1 ekor ayam ,potong

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
Jahe
Lengkuas
4 bh kemiri
Kunyit
Ketumbar bubuk
Cabe rawit
Garam

Adukkan bumbu ke ayam, tambahkan air asam jawa kalau ada (kalau ga perasan jeruk lemon) ,tambah sedikit santan kental
Tutup wadah lalu masukkan ke kulkas biarkan semalaman,besoknya panggang (saya pakai oven,kalau mama pakai happycall)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...