Wednesday, November 19, 2014

Toufu karaage

Toufu karaage 


Karna seneng karaage,semua di karaage-in hehe 

Afif suka banget tahu diginiin 


Tofu satu kotak potong potong 


Balur kan ke campuran tepung ( tepung katakuriko+garam dan merica + boleh nambahin bubuk bubuk yg lain) 

Lalu tinggal goreng

Monday, November 17, 2014

Brownis pisang

Resep asli : kamelia marfuah
Modifikasi: amfici eka fitry 

Resep : 
150 gr terigu 
30 gr pure cocoa (Cocoa powder) 
4 bh telur 
180 gr gula 
Sedikit garam 
120 ml minyak sayur 
30 ml susu cair
250 gr pisang dihaluskan 

Monday, November 10, 2014

sponge cake pandan



Resep mirip mirip aja sih sebenarnya , ini yg dari buku.. Bahannya itu itu juga 
MasyaAllah tanpa btp jadinya tinggi,lembut dan enak. Niat hati mau di hias, boro boro di hias.. Belum matang aja dah ribut aja nih anak berdua nanyain , akhirnya di kasi topping cokelat syrup aja 
Sponge cake pandan 
Bahan : 
3 bh telur 
100 gr gula
100 gr terigu protein rendah
20 gr susu cair
20 gr mentega dicairkan
Pasta pandan

Cara:
Pecahkan telur dan gula di wadah stainless, taruh di air panas(80 derajat) kocok sampe telur berasa hangat hangat kuku. Keluarkan wadah(sementara itu air bisa dipake tuk mencairkan mentega), kocok kyk biasa dg kecepatan tinggi . Matikan mixer
Masukkan tepung yg dah diayak (sambil di ayak lagi, jadi 2 kali ayak), masukkan bertahap,aduk pake spatula jgn bolak balik,aduk dari bawah ke atas searah
Masukkan campuran susu+mentega cair+pasta pandan ,aliran di spatula dulu, aduk lagi sampai rata
Panggang 160 derjat selama 40 menit (panaskan oven nya dulu )

catatan:
1.Mentega cair saya ganti pake minyak sayur
2. Resep asli ga pake pasta pandan, ini modif dari saya aja. Kalo mo dibikin kue coklat bisa dg 80 gr terigu+20 gr Cocoa powder
3. Cake ini biasanya dipake sebagai cake dasar yg nantinya di hias pake whipped cream, atau biasa dipakai tuk tiramisu juga
4. Karna ini saya langsung makan(ga di hias cream),terasa agak manis dari yg biasa saya bikin (biasanya 3 telur gulanya cuma 80 gr) . mngkin ini kalo sama whipped cream akan pas rasanya(karna cream nya tidak begitu manis), jadi silahkan di modif aja sendiri ya tingkat manis nya

bagi yang bingung penjelasan saya, ini ada video cara bikinnya yg persis sama

Thursday, July 17, 2014

Brownis pisang


Brownis pisang 


Bahan : 

240 gr pisang

100 gr gula 

100 gr olive oil

Sedikit garam 

3 sdm kelapa parut kering 

3 bh telur 

150 gr tepung terigu


Almomd buat taburan 


Cara : 

Pisang hancurkan pakai garpu,campur minyak dan kelapa parut dan garam, aduk rata 

Tepung terigu ayak 

Kocok gula dan telur sampai mengembang. Matikan mixer. Panaskan oven 

Masukkan terigu secara bertahap(ke dalam adonan telur),aduk. Masukkan campuran pisang bertahap,aduk. Tuang ke cetakan . Tabur almond.Panggang dalam oven(yang sudah dipanaskan) 180 derajat selama 30 menit 


Ctt: 

Olive oil bisa diganti dg minyak sayur 

Kelapa parut kering->optional

Saya pakai cetakan silikon 17.5x17.5 cm 


Thursday, July 10, 2014

Banana cake kukus


Resep asli dari ummu Fatima http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.jp/?m=1

Saya modif sesuai stok dapur

Bahan-bahan :
3 butir telur ayam
120 gr tepung beras (saya pakai 150 gr terigu)
30 gr tepung maizena (tidak pake)
125 gr gula palem (saya pakai 100 gr gula kastor) 
100 ml minyak sayur/ canola oil 
200 gr pisang cavendish, blender bersama minyak goreng (saya hancurkan pakai garpu  trus campur minyak ,aduk rata ) 

Cara Membuat :
Panaskan kukusan terlebih dahulu.
Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang (kira-kira 5-10 menit) 
Masukkan tepung sedikit demi sedikit (sambil diayak), bergantian dengan campuran minyak goreng dan pisang ambon yang telah diblender. Aduk rata. (jangan terlalu banyak mengaduk)
Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles minyak.
Kukus sampai matang dengan api sedang, kira-kira 45-60 menit. Jangan lupa tutup dandang dibungkus pake kain serbet, supaya uap airnya tidak menetes ke cake-nya.

Ctt: saya pakai loyang segiempat ukuran 17.5 cm 

Sunday, June 29, 2014

Bakso campur


Bahan: 
700 gr daging ayam giling (keadaan dingin) 
300 gr daging sapi giling (keadaan dingin) 
1 kotak tahu putih (350 gr) 
5 bh putih telur 
15 sdm tepung kanji 

Bumbu halus : 
11 buah bawang putih
1/2 buah bawang bombay,iris taburi terigu dikit lalu tumis sampe agak kering dan coklat
2 sdm wijen (jangan yg wijen hitam)
Garam dan merica 

Cara : 
Haluskan bumbu 
Campur daging, masukkan bumbu. Aduk rata . Masukkan tahu putih, ulen lagi sampai rata. 
Masukkan putih telur satu persatu lalu aduk 
Masukkan tepung kanji,aduk rata 
Didihkan air yg banyak, kecil kan api paling kecil, bulatkan bakso dengan tangan, tunggu sampai mengapung , angkat lalu masukkan air es ,tiriskan siap disimpan 

Saturday, June 28, 2014

Tumis pare kulit tahu


Bahan: 
Bawang putih rajang
Bawang bombay rajang
Cabe merah diiris 
Teri nasi secukupnya 
1 bh pare,bersihkan ,iris lalu remas pake garam dan biarkan sampai keluar airnya, remas pelan tiriskan 
Kulit tahu 

Cara: 
Tumis bawang bawang dan cabe sampai harum, masukkan teri nasi. 
Masukkan pare , dan juga kulit tahu,tambah sedikit air,masak sampai matang 

Tenggiri teriyaki


Bahan: 
4 potong ikan tenggiri 
2 cm jahe diiris 
Cabe kering ,potong 
Daun bawang rajang 
Bawang bombay rajang 
Bawang putih iris 

Aduk jadi satu :
2 sdm shoyu/kecap asin 
1 sdm gula 
1 sdm oyster sauce 

Cara: panaskan sedikit minyak , tumis/panggang di teflon ikan tenggiri sampe kecoklatan,ditengah jalan tambahkan bawang bawangan dan jahe juga cabe 
Setelah ikan matang (tandanya jika di tekan kenyal,tidak lembek) . Lalu masukkan campuran saus tadi, aduk rata sampai mengental dan mengkilat. Matikan api 

Kalio Daging


Masih ingat dulu pas waktu ramadhan menjelang raya, di rumah masanya  sibuk sibuk bikin rendang.Kami anak anak nya juga paling senang kesana kemari berlarian dan bermain ,suasananya itu ngangenin.Pernah pas sedang proses bikin rendang,baru setengah jalan (belum kering) ,mama nyisihkan sepiring, lalu manggil kami anak anak nya nyuruh makan,yuk makan pakai kalio ,kata mama. 
Jadi kalio=setengah rendang. ya kalio itu sama dg rendang(dari segi bumbu) hanya beda waktu/lama memasaknya saja
Kalau saya pribadi sebenarnya lebih senang dengan kalio ini di banding rendang kering. Tapi kalau mau awet ya harus dijadiin rendang hehe

Resep saya masih pakai yang biasa, ini pakai santan kotak ukuran 1 liter , alhamdulillah lumayan lah berbentuk rendang,saya campur pake kelapa kering 

Bahan: 
1 kg daging 
1 liter santan kental
2 bh serai ,geprek lalu simpul 
6 lbr daun jeruk,sobek sobek pinggirnya
3 lbr daun salam 
1 lbr daun kunyit,simpul 
1 bh bunga lawang 
Kayumanis batang (sekitar 5-7 cm)
2 bh asam kandis 
Kelapa parut kering (segenggam,sesuai selera) ,ini kalau mau dijadiin rendang(bukan kalio) 


Bumbu halus 
1 bh bawang bombay 
10 siung bawang putih (atau sebongkah) 
3 bh kemiri 
2 ruas jari jahe 
3 ruas jari lengkuas 
Cabe merah sesukanya 
Cabe hijau besar (atau piman atau paprika) 
1-2 sdm garam masala bubuk

Cara: 
Didihkan santan, masukkan daun daun dan serai 
Masukkan bumbu halus, tambahkan asam kandis. Masukkan daging yg sudah dipotong. Masak terus sampai kuah mengental dan minyak keluar. Sampai tahap ini dikatakan kalio 
Kalau mau dijadikan rendang:tambahkan kelapa parut kering, masak terus dengan api paling kecil , sambil sesekali di aduk dengan gaya menimba(agar daging tidak hancur) . Masak sampai kering

ctt : saya tambahin telur (masukin telurnya pas kuah dah mulai kental),enak pake telur ..hehe penggemar gulai telur soalnya :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...