Wednesday, April 22, 2015

Mapo toufu dan salad bihun , bento

Mapo toufu


Namanya "マーボー豆腐 (mapo toufu) 

Resep disesuaikan dengan selama lidah :D 


Bawang bombay iris 

Bawang putih rajang 

Jahe iris

Seledri bagian batang, iris 

Tahu, potong dadu lalu microwave 2 menit, buang airnya

Daging giling (kali ini pakai ayam) 


Saus : 

1 gelas air 

1 sdm Saus tiram

1 sdm saus tomat

1 sdm saus sambal  

1/2 sdm kecap manis 


Pengental : 

Katakuriko yg dicairkan dengan air 


Cara: 

Tumis bawang putih, jahe dan batang seledri, sampai wangi. Masukkan bawang bombay, tumis sampai layu. Masukkan daging, tambah garam merica, tumis sampai berubah warna, tambahkan tahu, campuran saus, masak hingga matang, kentalkan kuah nya dg bhn pengental 

Hidangkan, tabur daun bawang iris 


Ctt : ukuran saus kira kira , bahan bahan juga kira kira .. Hehe 


Friday, March 13, 2015

Ayam goreng tepung


Ayam yg sudah di rebus (pas bikin kaldu) , iseng di goreng tepung aja. 
1.Tepungnya : 
Terigu:kanji dengan perbandingan 1:1 +garam merica+nori bubuk (optional) 
2. Telur kocok lepas 

Ayam yg sudah dipotong, celup ke telur, lalu campuran tepung lalu goreng.. Mmm kriuuk.. 

Udang goreng tepung


Udang, bersihkan, kerat sedikit/tekan punggung nya biar ga melengkung ketika di goreng, lumuri jeruk nipis, garam dan merica , biarkan sebentar 
Telur kocok lepas
Tepung terigu 
Tepung roti/panko 

Cara :
Udang ambil lalu masukkan ke wadah terigu, masukkan ke telur, lalu masukkan ke tepung roti/panko, bisa diulang sekali lagi biar tepung nya tebal. Goreng dalam minyak yg terendam 
Hidangkan dengan pelengkap 


Tuesday, February 10, 2015

Brownies milo kelapa



Modifikasi dari brownis pennylane, karna sebenarnya memang lagi ga ada apa apa di rumah. Aisyah mau kue katanya, stand mixer sudah masuk kardus(mau pindahan). Mikir apa ya yg cepat bikinnya, kepikiran brownis aja, tapi ga ada cocoa power, adanya milo. Trus kepikiran juga lagi punya kelapa parut, ya udah di mix aja. Ternyata jadinya enaak sekali, aroma kelapa panggangnya wangi dan bikin gurih, komentar suami pas makan "mmm enak banget ini" :D alhamdulillah.. Gampang sekali bikinnya padahal, tinggal kocok telur dan gula(pakai whisk aja atau garpu juga boleh, cuma sampai nyatu aja koq), trus masukin bahan bahan lain, 15 menit selesai, trus panggang tinggal nunggu ^^

Resep 
4 bh telur 
220 gr gula halus 
220 gr terigu 
85 gr milo bubuk 
220 gr minyak sayur 
50 gr kelapa parut 

Cara bikin: 
Aduk telur dan gula sampai larut (ga perlu sampai putih dan mengembang koq, sampai tercampur rata aja) . Masukkan terigu+milo sambil di ayak,aduk. Masukkan minyak ,aduk lagi. Masukkan kelapa, aduk lagi sampai rata. Tuang ke cetakan yg sudah di oles kertas roti , tabur sedikit kelapa parut lagi diatasnya.panggang selama 25 menit (suhu 180 derjat) 

Ctt: 
1. Saya pakai loyang cetakan roll cake 
2. Lama waktu memanggang tergantung cetakan juga kyknya, saya karna cetakan roll cake jadi tipis dan lbh cpt matang

Tuesday, February 03, 2015

Pennylane brownis


Telat sekali ya nyobain nya hehe. Brownis  resep mbak Riana ini memang simpel sekali bikinnya. Resep saya ambil langsung dari blog beliau tapi saya modif gula nya dan takaran coklat bubuk (stok di rumah tinggal sedikit)
Ini pakai loyang roll cake ukuran besar 

Resep : 
4 bh telur 
400 gr gula pasir (saya 220 gr)
1 sdt vanilla pasta
220 gr terigu
70 gr cokelat bubuk (saya 45 gr) 
½ sdt garam
200 gr minyak goreng
150 gr kenari panggang (ga pake,ga punya ) 
100 gram dark chocolate chips (saya pake 40 gr coklat batang yg di iris kasar) 

Cara: 
Aduk telur, vanila dan gula hingga larut dan tercampur rata. Masukan ayakan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata. Masukkan minyak , aduk rata. Tambahkan cokelat . Tuang ke loyang yg sudah dialasi kertas roti, panggang 30 menit ,suhu 180 derjat (di oven yg sudah dipanasi sebelumnya) 

Tuesday, January 13, 2015

Brown onion paste


Nah ini dia salah satu bumbu di kulkas rumah kami. Praktis banget loh kalau nyetok ini, saya biasanya ke supermarket akhir Minggu, trus langsung nyetok nyetok bumbu dasar, salah satunya ini. Jadi di hari sibuk/week day bisa tetep ngebento dan masak variasi menu dg lbh cepat. Saya biasanya bikin buat stok seminggu, walau kadang berlebih dan tetap bs dipakai meski dah lewat seminggu. Ini bisa tuk berbagai tumisan, nasi goreng,mie goreng, bumbu sup/kuah kuah lain, topping pizza, dan buanyaak lagi, dah siap pakai^^ 

Resep : 
Bawang bombay (saya pakai 4 buah yg ukuran besar ) 
Olive oil/minyak sayur untuk menumis
Air  

Cara: 
Iris iris bawang bombay(mau dirajang jg boleh tapi saya ambil cara yg lbh simpel aja, diiris) 
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dg api sedang , sampai layu dan bawang kliatan transparan. Trus kasi sedikit air (kira kira 3-5 sdm, ga perlu ditakar pakai sendok sih.. Pokoknya kira kira aja segitu hehe, bukan bikin cake koq :) )  tutup teflon, kecil kan api. Masak sampai air menyusut, buka teflon,aduk bawang, masukkan air lg sedikit , tutup teflon lagi. Begitu terus berulang sampai bawang jadi kecoklatan (akan menyusut). Masak sampai air mengering. Siap disimpan 


Ctt: bisa ditambahkan sedikit garam 

Ayam tumis buncis saus basil


Tumis ayam pakai bumbu yg sudah di stok. Simpel tapi alhamdulillah enak 

Resep: 
Brown onion paste (stok kulkas) 
Saus basil (stok kulkas)
Garam
Ayam cincang 
Buncis diiris serong 
Kentang rebus (sisa bikin gado gado kmrn) 
Olive oil 

Cara : 
Panaskan sedikit olive oil, masukkan ayam, beri sedikit garam.aduk sampai berubah warna .masukkan brown onion paste, saus basil. Aduk, tambahkan buncis , aduk sampai buncis matang, terakhir tambahkan kentang, aduk. 

Ctt: 
bisa ditambahkan cabe bila suka 
Cara bikin brown onion paste : http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2015/01/brown-onion-paste.html?m=0

Cara bikin saus basil : http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2015/01/saus-basil.html?m=0

Pizza super simpel


Aisyah mau pizza katanya.iseng nyari resep baru di cookpad, nemu resep ini. Yg recook ada 1000 org lebih, waah jadi pengen ikutan nyobain. Ternyata memang gampang, cepat, dan alhamdullilah hasilnya enak, apalagi ditambah dg topping saus basil yang wangi 
Link resep asli http://cookpad.com/recipe/1898301

Resep:
250 gr terigu protein tinggi 
5 gr ragi
3 gr garam 
20 gr gula 
20 gr olive oil 
145-150 gr air 

Cara : 
Masukkan tepung ke wadah, lalu gula dan ragi bersebelahan. Garam taruh diseberangnya. Masukkan olive oil, lalu air, aduk awalnya dengan sendok kayu, setelah tercampur semuanya, baru di ulen dengan tangan,sampai kalis. Trus diamkan 15 menit, bagi 3. Trus di giling bulat. Tusuk tusuk dg garpu, kasi topping , panggang oven 230 derjat selama 10-15 menit 
Kali ini saya ga pakai saus pizza, cuma pakai saus tomat botolan, mayones, ayam tumis buncis, kentang rebus,saus basil, dan keju lembaran (ga pakai keju mozarella)

Ctt: di link resep asli ada video cara bikinnya 

Kan jadinya 3 adonan tuh, yg satunya lg diisi kentang Mayo aja, tetep pake saus basil 


Yg satunya lg dibikin roti gulung(sama kyk bikin roll cake) 




Gado gado Padang

Ramen kuah



Saus basil

Saus ini wangii dan enak banget loh, bisa digunain buat macam macam . Bisa tuk topping pizza, bumbu tumisan, saus spageti, saus gratin, dressing salad dan banyaak lagi.. Sekali bikin jadi ketagihan insyaAllah ^^ 
Resep saya liat dari cookpad,yg recook disana udah 600 org lebih, dan saya jadi pengen coba juga hehe 
Semua hitungan pakai gram, kalau punya timbangan digital tinggal tambah tambahin aja smua disatu wadah,praktis

Resep 
50 gr daun basil segar  
130 gr olive oil 
5 gr garam 
3 gr merica
25 gr parmesan cheese 
5 gr bawang putih (1-2 siung) 

Cara bikin:
Kecuali daun basil, blender smua sampai lembut dan rata, masukkan daun basil, blender lg sampai halus. Siap digunakan/disimpan 

Catatan: Di resep pake tambahan 45 gr kurumi/kacang, saya ga pake karna ga punya hehe 

Wednesday, January 07, 2015

Tips sponge cake


Salah satu tips penting yang membuat sponge cake menjadi lembuuut adalah, tutup sponge cake ketika proses mendinginkannya. Agar uap air yg keluar dari cake tetap jatuh lagi kedalam yang ini akan menjaga kelembapan cake.tutup dengan kain yg dibasahi dan diperas. Silahkan dicoba, insyaAllah sponge cake akan lembut ^^ 

Bumbu dasar

Bumbu dasar yang hampir selalu saya stok di kulkas 

Yg merah itu bumbu merah : cabe, bawang bombay, bawang putih, tomat (pakai tomat kaleng) di blender lalu di tumis sampai matang 

Yg tengah itu bumbu kuning  : bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, ketumbar, cabe , di blender lalu tumis sampai matang 

Yg putih itu bumbu putih : bawang putih , sedikit bawang bombay(bawang putih lbh banyak), sedikit jahe. Blender semua lalu tumis sampai matang 

Alhamdulillah terbantu sekali dg stok ini di kulkas 

Soto daging daikon


Soto campuran antara soto daging dan soto Bandung. Karna saya lagi malas yg ribet, jadinya make bumbu gulai yg di stok aja.. Pas lagi ada daikon (diindonesia namanya lobak ya), dimasukin sekalian.. Alhamdulillah enak
Daging (yg bertulang) saya presto dulu sampai lembut,daging di potong potong,masukkan lagi. lalu tambahkan bumbu inti gulai ke dalam kaldu+daun jeruk+daun salam+sereh,rebus lagi. tambahkan daikon, masak sampai lembut

Sponge cake coklat

Alhamdulillah mengembang sempurna, lembuut dan enak. Tanpa bahan tambahan pangan.Nemu cara bikin model baru, putih telur nya aja dulu yg di kocok sampe kembang, baru kuning telurnya dimasukin . Cara begini lebih kental ^^ 
Resep menyusul 















Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...