resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Sunday, July 03, 2016

bolu pisang

sumber resep https://cookpad.com/id/resep/729477-bolu-pisang-yummyy-bingiiittss?ref=search

judulnya disana bolu pisang yummy bingiits,, setelah dicoba...iya benar enak banget,bikin ketagihan.lembut.saya modifikasi dengan nambahin cinnamon powder dan yang ini ga pake baking powder,jadi tanpa btp 

resep : 
2 bh pisang matang
100 gr gula
110 gr minyak sayur
3 bh telur
150 gr tepung terigu
1/3 sdt gram
1 sdt cinnamon powder

cara bikin persis sama dengan cake coklat yg pernah saya bikin album step buy step nya disinihttps://www.facebook.com/ummuafif/media_set?set=a.1078833965483496.1073741855.100000707087330&type=3 ,,terakhir masukkan pisang yg sudah dilumatkan dan dicampur cinnamon powder. panggang dalam oven yg telah dipanaskan terlebih dahulu,180 derjat 40- 50 menit

Thursday, March 24, 2016

Mie ayam


minyak ayam dan cabe




Judulnya mendadak mie ayam . Beginilah kalau lagi malas bikin menu harian . Pas ngluarin bahan dari kulkas bahkan pas dah siapin panci dan dah mulai potong potong masih blm tau mau dimasak apa. Ada ayam,ada jamur , keingat ada mie di kulkas jadi kepikiran bikin mie ayam.dengan bahan seadanya dan sepraktis prktisnya hehe
Alhamdulillah tetap enak koq , dapat nilai 9 dari suami :D

Mie ayam ini dibuat dengan 2 buah ayam boneless masing masing  ukuran 250 gr an
Jadi saya bagi bagi. Kulitnya saya sisihkan tuk minyak ayam. Daging ayamnya saya cincang.sedikiit saya sisakan tuk kuah,selebihnya tuk ayam jamur


Resep bikin ayam jamur

Bawang putih dan bawang bombay ,garam merica,ketumbar , semua di ulek

Tumis bumbu yg sudah di ulek ,masukkan 2 lbr daun jeruk,1 lbr daun salam , lengkuas geprek. Tumis sampai wangi
Masukkan ayam cincang .aduk sampai berubah warna, tambahkan jamur. Beri kecap manis dan saus tiram,dan sedikit air .tunggu sampai air menyusut



Minyak ayam :
Panaskan sedikit minyak sayur.masukkan kulit ayam.biarkan sampai kering (jangan diaduk) dan keluar minyak,trus balik,biarkan lagi hingga kering . Ditengah jalan masukkan 2 bh bawang  putih geprek, masak hingga kecoklatan. Masukkan juga kunyit (sekitar 1 cm) biarkan kecoklatan.angkat bawang putih dan kunyit. Bawang putihnya di ulek halus, untu bumbu kuah
Angkat juga kulit ayam yg telah kering. Masukkan daun bawang yg dirajang halus. Tumis sampai wangi,tambahkan kecap asin dan sedikit air . Minyak ayam siap digunakan

Kuah :
Rebus air dan sedikit ayam. Masukkan daun bawang , bawang goreng,tambahkan bawang putih halus yg di minyak ayam tadi, tambahkan beberapa sdm minyak ayam .rebus sampai mendidih ,siap hidang

Masukkan beberapa sdm minyak ayam dalam wadah saji,masukkan mie kuning,aduk aduk. Tata pelengkap lainnya . Mie ayam siap dihidangkan bersama pelengkap pelengkap nya

Cumi Tumis Tahu

Resep simpel aja

Bawang putih,bawang bombay,ketumbar ,cabe merah ,cabe rawit, semua bahan di ulek

Lengkuas di geprek
Daun bawang diiris
Tahu putih digoreng dulu setengah matang
Garam merica

Cara :
Tumis bumbu yang di ulek dan lengkuas  sampai wangi .masukkan daun bawang , tambahkan tahu, lalu masukkan cumi . Tambah garam dan merica. Tutup wajan. Tunggu sampai matang


Sunday, March 20, 2016

perkedel tahu

3 kotak tahu (1 kotak ukuran 400 gr )

5 siung bawang putih 
1 buah telur 
1 sdt ketumbar 
1 sdm kaldu bubuk 
1 sdmbawang goreng 
daun bawang diiris halus 
beberapa sdm tepung kanji 

cara buat :
campur semua bahan dan aduk rata, bentuk, lalu goreng 


note: 
tahu nya pakai momen doufu (木綿豆腐)、di peras /dikeluarkan dulu airnya 

Rendang Padang


pas sebelum bikin kebetulan lagi nelp mama , sekalian nanya resep rendang nya mama. dijelasin detail sampai ke ukuran ukuran nya :D . ni pake santan kental (santan kotak) yg ukuran 1000 ml , kirain kebanyakan tuk 1 kg daging , ternyata segini lah baru dapat dedak nya. kangen makan nasi dengan dedak rendang,seperti masa masa kecil dulu :D kayaknya baru kali ini deh bikin rendang yang puas bisa dapat dedak nya seperti ini,sama kayak bikinan mama ^^
resep :
  • 1 kg daging 
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam 
  • 1 lbr daun kunyit 
  • 2 bh kapulaga 
  • 1 bh bunga lawang 
  • 1 liter santan
bumbu halus :
  • 1 bh bawang bombay (ukuran menengah) 
  • 5~7 siung bawang putih 
  • 2 ruas lengkuas
  • cabe merah (sesuai selera) 
  • 1.5 ruas jahe 
  • 1 sdm garam masala bubuk (*1)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
Cara buat :
tumis bumbu halus hingga wangi. masukkan daun daunan (kecuali daun kunyit, masukin belakangan aja)
masukkan santan ,tunggu mendidih lalu masukkan daging dan rempah rempah . masak terus sambil sesekali diaduk agar santan ga pecah .masaknya pake api sedang.setelah jadi kalio ( kuah menyusut dan kental) lalu masak dengan api kecil.harus tambah sering diaduk,aduk dgn gerakan menimba,agar daging ga pecah . masak terus sampai warna yg diinginkan (coklat) , yah kira kira 3 jam an atau lebih ^^
note :
(*1) garam masala bubuk adalah campuran rempah seperti adas,kapulaga, jintan ,dll yang disatukan dan dihaluskan (sudah ada yg jual jadi, biasanya dipakai juga di masakan masakan india atau pakistan ) . kalau tidak ada,biasanya bisa diganti dengan bubuk kambing ( mama saya suka pakai ini) , itu juga campuran rempah

Wednesday, March 09, 2016

Brownis coklat ubi



awalnya cuma mau bikin brownis coklat seperti biasa. tapi keingat kalau ada 1 buah ubi yang sudah di kukus ,sisa bikin cake kemarin . jadi ubi nya dimasukin ke adonan aja. jadi seperti pake campuran almond , tapi sebenarnya ubi hehe
Resep : 

4 bh telur 
150 gr gula
150 gr ubi jalar
200 gr terigu 
40 gr cocoa powder 
200 gr minyak goreng 

cara : 
haluskan ubi beri sedikit susu cair (sedikit aja,1~2sdm , supaya lembut) ,sisihkan 
aduk telur dan gula sampai mengembang , tambahkan minyak goreng sambil terus di aduk dengan  mixer. lalu masukkan tepung yg sudah diayak bersama cocoa powder. aduk rata. masukkan ubi, aduk sampai tercampur rata. tuang ke dalam cetakan , lalu panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu , 180 derjat selama 30 menit 

catatan: 
1. saya pakai 2 buah cetakan  ukuran 17.5 , sekali panggang .
2. gula nya bisa 150 gr ~200 gr . saya mengurangi manis makanya pake 150 gr. mm selain itu memang karna stok gula pas cuma tinggal 150 gr sih sebenarnya hehe :D 

3. ada sedikit coklat batang , saya taburin aja di atas adonan nya .


Tuesday, March 08, 2016

Tumis komatsuna dan jamur


Bihun goreng


Orak arik tempe telur petai


kambing dan tahu kuah


Resep menyusul


Cake Ubi Jalar

Sumber dari http://cookpad.com/recipe/3624161 dengan modifikasi

Resep
4 bh telur
120 gr gula
140 gr mentega
250 gr tepung terigu
6 gr baking powder
250 gr ubi jalar , kukus lalu haluskan

Cara :
Ayak tepung dan baking powder , sisihkan

Kocok mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur (yg sudah dikocok lepas) sedikit demi sedikit ,aduk rata.tambahkan ubi , aduk rata. Masukkan campuran terigu dan baking powder, aduk rata . Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu , 180 derjat selama 30-40 menit

Friday, March 04, 2016

Burger tahu

Menu sekolah abang hari ini hanba-gu (hamburger ) dirumah cuma ada tahu dan ayam sedikiit. Jadi bikin burger tahu aja.
Resep asal asalan ,alhamdulillah enak juga :D


Resep
2 kotak tahu (momen doufu ) ,dikeluarkan airnya
Sedikit ayam giling buat campuran
3  siung bawang putih
1/2 bawang bombay
Daun bawang  secukupnya,dirajang halus
1 sdt dashi bubuk (kaldu ikan)
1 sdt ketumbar bubuk
1 bh telur
Garam dan merica

Cara buat :
Bawang bombay di rajang lalu ditumis sampai kecoklatan,sisihkan

Dalam wadah,masukkan tahu lalu haluskan,tambahkan ayam giling dan smua bahan lain, juga bawang bombay yg sudah ditumis . Lalu bulat bulatkan seperti layaknya bikin burger ( caranya,ambil adonan sekepal,lalu lempar dari tangan kiri ke kanan,kanan ke kiri, hingga adonan terbentuk )
Panaskan wajan , beri sedikit minyak. Lalu tata burger ,masak dg api agak besar dulu,sampai bawahnya kecoklatan,balik. Lalu masukkan air panas sekutar setengah cup.tutup wajan, masak dg api kecil sampai air berkurang.


Wednesday, February 10, 2016

Ayam bumbu



mungkin ini disebut ayam goreng bumbu, atau ayam goreng lengkuas ?
kalo kami sekeluarga menyebutnya ayam dedak hehe,favorit di rumah, mama sering sekali bikin ini

ceritanya ini resep revisi terbaru
beberapa waktu lalu pas nelp mama , konfirmasiin resep ini lg karna kk ipar pengen tau resepnya .sebenarnya saya udah tau dan selalu pake resep yg seperti ini http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2012/02/ayam-bumbuserundeng.html dari pertama kali nanya (pertama kali masak ini sendiri, waktu baru sampai di sini dulu) eh ternyataa resepnya ada yg kurang , padahal saya dah cocok dg resep yg lama selama bertahun tahun ( jd favorit keluarga kecil kami juga jadinya, afif suka banget, suami juga)

ternyata pake kelapa parut juga (ga disebutin waktu dulu karna mama saya ngira di jepang ga ada kelapa hehe), dan ada bbrp bumbu tambahan.

resep :
Bahan :
1 kg ayam , potong
50 gr jahe
100 gr lengkuas
8 ~ 9 siung bawang putih
3 bh daun jeruk ,iris
Sedikit kunyit bubuk
Kelapa parut kering (saya ga nakar,secukupnya aja)
garam
air perasan jeruk nipis

Cara buat :
blender jahe,lengkuas dan bawang putih, campurkan keayam,juga smua bahan lain. diamkan 30 menit atau lebih(makin lama makin enak,meresap bumbunya, saya biasanya mendiamkan semalam di kulkas)
goreng dalam minyak banyak .

note: Kalau mama saya goreng ayamnya sekaligus bumbu , tapi ini bener bener harus ati ati.jadi kalo ayam dah mulai kuning,itu dah harus sering diaduk aduk ,biar bumbunya ga cepat coklat , aduk terus sampai matang, nanti matangnya akan bersamaan , bagus warnanya. angkat,taruh di tirisan minyak,tiriskan minyak hingga benar benar kering, nanti bumbunya akan jadi kremes .
Tapi jika blm terbiasa,goreng terpisah aja, ayam dulu . trus bumbu nya nanti ditumisin pake sedikit minyak hingga kecoklatan dan kering.


Rendang Daging



alhamdulillah bisa bikin sedikit rendang , cuma 1/2 kilo daging , campur ama sekilo ayam .. hehe baru sekali ini campur ama ayam , karna dagingnya dikit banget . ayamnya dagingnya hancur di tengah jalan , ga pas ternyata timing masukinnya hehe , ga papa lah, buat konsumsi sendiri ini koq ^^ 
ini minyak nya byk keluar bukan karna santannya , tapi karna ayamnya hihi .. 

resep masih sama dg yg dulu 

http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2012/08/rendang-daging.html

Bikin rendang disini terpaksa pake santan kaleng ... Ditambah sama kelapa parut dikit alhamdulillah lumayan kliatan dedak nya

Bahan :
1 bh bwng Bombay ukuran sedang
8 siung bwng putih
2 ruas jari telunjuk lengkuas
2 ruas jari telunjuk jahe
Cabe sesuai selera

1 kg Daging ,potong melawan serat
3 kaleng santan (1 kaleng isi 400 ml)
Segelas kelapa parut disangrai lalu tumbuk/haluskan
2 bh asam kandis
1 ruas jari kayu manis
2 bh bunga lawang/pekak
2 bh sereh ( bbrp cm bagian atas ikut dihaluskan
6 lbr daun jeruk, sobek sobek
2 lbr daun Salam
1 lbr daun kunyit,simpul
Garam Dan merica
1-2 sdm garam masala
Note: garam masala ialah campuran rempah seperti ketumbar,jintan,kayumanis,dll .. Jika tidak ada bs diganti dg langsung nambahin ketumbar bubuk,dan jintan bubuk

Cara buat :
Didihkan santan, masukkan dedaunan dan serai, jugs kayu manis dan bunga lawang/pekak. Didihkan santan, masukkan bumbu halus lalu masukkan potongan daging. Masukkan asam kandis dan kelapa parut.
Masak sampai santan mengental (jgn lupa sesekali diaduk biar ga pecah santan)
Setelah kuah mengental harus sering sering diaduk, kecil kan api
Masak terus sampai kering

Ctt: pas ngeringinnya dengan api kecil, memang butuh waktu.. Berjam jam. Kalo dah abis kuahnya, masaknya jgn ditinggal,gampang gosong.. Harus sering diaduk. Aduk dengan gaya menimba , jgn terlalu menekan daging takut hancur.



Sate Padang



Resepnya masih sama dg sate padang yg terakhir saya bikin . Cuma beda dikit bumbunya kalo kmrn pake bawang goreng 2 sdm karna ga ada bawang bombay,ini pake bawang bombay 1/4 plus bawang goreng 1 sdm 

Cara pembuatan disini jg sedikit beda 
Daging di rebus dulu sampai empuk (air rebusan pertama di buang lalu rebus lg dg air baru tambahkan rempah kapulaga dan bunga lawang,juga garam)

Tumis bumbu halus plus daun daunan dan sereh , masukkan 3/4 bumbu ke air rebusan daging (daun daunan dan sereh juga),didihkan lalu terakhir nanti kentalkan pake cairan tepung beras

sisa bumbu 1/4 nya td tetap di wajan,masukkan daging yg sudah dipotong dadu ,tambahkan sedikit kuah rebusan(yg belum dikentalkan ya),tambahkan juga kelapa parut ,tumis sampai air habis dan bumbu meresap ,dinginkan,tusuk sate lalu panggang .... Mm trnyata dg cara begini dagingnya jd lebih enak,bumbunya lebih terasa,tambah enak juga karna dikasi kelapa parut

lontong sayua



kali ini lontong sayur , resep kuahnya sama kayak gulai nangka kmrn , ini sayurnya aja yg beda ^^

gulai cancang

 tiba tiba teringat "gulai cancang",masakan favorit pas diindonesia dulu , cuma tau makan dan ga pernah bikinnya dulu hehe . kalo disini apa apa terpaksa harus bikin sendiri .. gulai cancang ,kami sekeluarga menyebutnya,mungkin sebenarnya "gulai cincang" kali yaa,karna ini daging nya di cincang .. saya campur pake ayam karna daging nya sedikit .alhamdulillah enak kata suami. sebenarnya aslinya warnanya lebih merah,penampakan gulai cancang RM padang tidak seperti ini,ini karna sekalian tuk anak anak,cabe nya di kurangi tadi

inspirasi resep dari sini http://resep-kuliner-masakan.blogspot.jp/2012/07/masakan-unik-resep-masakan-gulai-cancang.html ,saya modifikasi

resep :

daging (kayaknya hanya sekitar 300 gr)
ayam (500 gr)
1 liter air tuk merebus
200 ml santan cream ( saya pakai yg kaleng)

bumbu halus :
1/2 bh bawang bombay ukuran besar (bisa pakai 1 tuk ukuran menengah)
6 bh bawang putih
5 bh cabe (sesuai selera)
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 sdm ketumbar bubuk
1 sdt jintan bubuk
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

bumbu lain :
2 bh sereh
2 bh kapulaga
1 bh pekak/bunga lawang
3 cm kayumanis

cara buat :

presto daging sampai agak empuk , potong dadu 2 cm ,sisihkan air rebusan
tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daging , tambahkan air rebusan, masukkan bumbu lainnya , tambah santan , masukkan juga ayam yg di potong dadu 2 cm . tunggu sampai matang (agak keluar minyak )

Lontong gulai cubadak



kepengeen banget makan lontong gulai cubadak .. 

kebetulan kmrn beli nangka kaleng di ol shop

ada yg kurang nih , khas dari lontong padang ini yaitu kerupuk merah grin emoticon tapi alhamdulillaah begini aja udah dapat memuaskan ngidam akan si lontong ini. makannya sambil ngebayangin makan di warung , tp ini bs tambah sepuasnya hehe

bahan :
daging + saya tambah sedikit hati ayam
4 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 lbr daun kunyit
2 bh sereh,geprek lalu simpul
2 bh asam kandis
1 kaleng santan (400 ml) +air=1.5 liter

bumbu halus :
6 siung bawang putih
1/2 bh bawang bombay
2 cm jahe
3 cm lengkuas
kunyit bubuk
ketumbar bubuk
7 bh cabe ( pake cabe thailnad yg pedes, kalo cabe keriting bs lbh banyak)
garam dan merica

cara :

potong potong daging , rebus di presto sampai lembut , sisihkan (air rebusan nanti buat nambah kuah gulai)

tumis bumbu halus , daun daun ,sereh ,tumis sampai harum . masukkan santan+air , daging juga ,tambah asam kandis
setelah mendidih masukkan hati ayam , nangka , kali ini jg ditambah tempe .masak sampai matang dan keluar minyak

siap dihidangkan bersama lontong dan mie kuning

-kentang goreng bumbu -

Masih banyak stok kentang,putar otak gmn supaya jadi cemilan ,jadilah gorengan ngarang ini hehe ,simpel tp enak 

-kentang goreng bumbu - 

5 bh kentang ukuran sedang,di parut memanjang(korek api)
Daun seledri iris
1 bh telur
4-5 sdm tepung terigu

Bumbu:
2 siung bawang putih
1/2 genggam ikan teri(bs diganti ebi)
Black pepper
Ketumbar bubuk (1 sdt )
Garam

Cara :
Ulek smua bumbu,terakhir masukkan teri,ulek kasar sisihkan

Didihkan air di panci kasi dikit garam,masukkan kentang parut,masak sampai layu/matang (5 menit atau lebih). Masukkan kentang ke air dingin/es ,tiriskan sambil di peras ,biar keluar airnya.
Campur bumbu ke dlm kentang,tambah telur dan seledri,aduk.
Tambah terigu,aduk lagi

Panaskan minyak ,goreng adonan sampai kecoklatan (di bentuk/padatkan pakai satu tangan,langsung masuk penggorengan.jadi tgn kanan masukin adonan,tgn kiri megang jepitan gorengan. Memang keliatannya kentang ga nyatu/terpisah pisah, tp pas dipadatkan dan langsung masuk minyak akan menyatu ^^ )

sambal teri putih telur





sekalian manfaatin putih telur bekas bikin donat (ada 4 putih telur ) 

Putih telur dikasi garam dikiit plus merica,aduk, masukkan cetakan lalu kukus dg api kecil sampai matang, keluarkan lalu potong kotak .. Siap di gunakan 

Sambal:
Teri
Bawang putih iris
Bawang merah iris
Tomat hijau iris
Cabe balado(biasa nyetok di kulkas,komposisi:bawang bombay+tomat merah+cabe yg dihaluskan)
Air

Cara:
Dalam wajan masukkan sedikit minyak,tumis teri sampai setengah matang ,pinggirkan teri masukkan bawang putih dan bawang merah ,tumis sampai harum,masukkan cabe balado ,aduk,masukkan irisan tomat hijau ,tambahkan 1 gelas(atau lebih air),garam,masukkan putih telur kotak, tunggu sampai air menyusut

Donat Ubi


donat ubi

400 gr terigu protein sedang
300 gr ubi lembutkan,haluskan
80 gr gula 
10 gr ragi
4 bh kuning telur
50 gr mentega
1/2 sdt garam
190-200 ml susu cair

Cara :

Kebetulan ini pake bread maker jadi tinggal campur aja smua bahan trus tunggu 1.5 jam dah jadi sampai fermentasi I
Kalau pakai tangan juga bisa ,campur bahan kering,masukkan telur dan air sedikit sedikit ,ulenin,ditengah jalan masukkan mentega dan garam,uleni hingga kalis . Diamkan 1 jam (fermentasi I)
Lalu bagi bagi adonan ,bulatkan dan lubangi tengahnya dg jari. Biarkan lg 30 menit ,goreng sambil di putar tengahnya dg sumpit

Bolu marbel




Resep bolu lapis dari sini 
http://bundadyra.blogspot.jp/2013/06/resep-kue-bolu-kukus-lapis-dengan-warna.html?m=1

Tp saya jadiin marble aja dan bikin setengah resep karna ini pake cetakan 17.5 cm

Bahan :
125 gram gula pasir
140 gram tepung terigu
3 butir telur
100 ml santan kental
Sedikit vanili bubuk jika ada(saya ga pakai karna ga punya)
Cocoa powder (coklat bubuk)


Cara:

Kocok telur dan gula pasir hingga rata dan mengental. Masukkan tepung terigu sambil diayak(masukkan bertahap) , dan santal kental, aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi dua.yg satu di tambah cocoa powder(masukin sambil diayak) aduk rata (takaran cocoa powdernya kira kira aja,sampai kliatan coklat)

Tuang adonan ke cetakan bergantian,bikin motif diatasnya dg menggerakkan garpu
Kukus di dandang yg sudah dipanaskan dulu,selama 20 menit

Bolu Lapis kukus




resep dari sini 

http://usyfauziyah.blogspot.jp/2012/04/mulai-ah-mau-ngisi-rumah-baru-he.html

kebetulan ada pasta pandan dan pasta coco pandan di rumah , dijadiin bolu lapis 3 warna , lembut cake nya , bahannya simpel

saya copaskan lg resep dari link diatas

Bahan2:
5 butir telur
150gr gula pasir
1sdt cake emulsifier (ga pake )
175gr tepung terigu
150gr minyak sayur
pasta pandan secukupnya
pasta coco pandan secukupnya

Cara membuat:
Kocok telur,gula,sampai mengembang dan kental ( kalo kata Bu Fatmah Bahalwan kaya jambul petruk).Lalu masukkan terigu sedikit2 sambil diaduk balik pake spatula,tambahkan minyak aduk rata.bagi 3 adonan, 1 kasi pasta pandan,satu pasta cocopandan , 1 biarkan.Tuang ke loyang ,kukus 7 menit per adonan, lalu kukus lg 15 menit

Kue Bawang



Kue bawang

kue bawang kalo makan ini bikin ketagihan,satu keluarga semua suka , kmrn bikin sekali resep (2 hari sebelum lebaran) yg niatnya buat pas lebaran eh keburu habis jadinya malam takbiran bikin lagi hehe


resep :

500 gr tepung terigu
200 gr tepung kanji
300~325 ml santan
1 buah telur
seledri iris halus
bawang bombay iris halus

bumbu halus :
6 siung bawang putih
3~4 buah cabe (pake cabe thailand yg pedas, yg mau ga pake cabe jg silahkan)
1 sdm dashi (kaldu ikan) bubuk
garam

cara:
campur tepung , masukkan bumbu halus, aduk , masukkan seledri dan bawang bombay , masukkan telur (bagusnya dah dipecah dan di kocok lepas di wadah lain) , aduk (pake sendok kayu) , lalu tuang santan sedikit sedikit , ulen pake tangan , santan ga harus semua , tergantung kadar air dari seledri dan bawang bombay nya juga , aduk sampai tidak lengket ditangan

lalu tinggal di giling pake ampia ,ambil adonan dan olesi dengan tepung kanji yg banyak lalu tepuk tepuk, supaya ga lengket , goreng dalam minyak banyak
 


Lontong Super Simpel



Kmrn pas belanja bulanan di baticrom ,suami suruh beli beras thailand sekalian.. Buat bikin lontong katanya (buat lebaran) Saya pikir iya juga ya...apalagi akhir akhirn ini pengennya makan lontong terus
Meski bs dibilang agak sukses bikin dg beras jpn ,ga ada salahnya coba dg beras thailand yg agak mirip beras indonesia .biasanya kalo bikin lontong yg di rebus pake plastik lontong memang bikinnyapake beras thailand dan alhamdulillah ga ada masalah. Tapi masalahnya skrg stok plastik lontong yg dibawain ortu dl udah abis.
Kepikiran pake cara mama bikin lontong yg praktis banget. Beliau bikin di ricecooker aja trus tinggal di dinginkan
Caranya masak aja seperti biasa tapi airnya 2 kali lipat masak nasi biasa ,setelah nasi matang lalu pindahkan ke wadah,padatkan dan biarkan aja dingin,lbh bagus lg dibiarkan semalaman. Masalahnya skrng saya ga pasti brp takaran memasak air pake beras thailand,karna selalu pake beras jpn .. Jadi ini di kira kira aja masaknya ,masak 1 cangkir beras aja dl (ternyata jadinya udah banyak) .. Pertama masukin airnya setelunjuk (kayaknya itu udah banyak) tp pas di tengah jalan(blm matang) dibuka rice cookernya,nasinya udah mau kering tp kyknya blm lembek kyk bubur ,jadi saya tambahin lagi air sebanyak yg tadi trus tutup lg ricecookernya .. Alhamdulillah uji coba yg ini trnyata berhasil ,lontongnya beneran padat,lembut dan halus.. Betul betul lontong (hehe saking jarangnya biki lontong yg beneran sukses)

Denden Basah



-Dendeng Basah-

Bahan 

500 gr daging, iris tipis
2 siung bawang putih
2 cm jahe geprek
1 sdm ketumbar bubuk
garam

kentang untuk campuran , potong dan goreng

sambal balado (saya biasanya nyetok di kulkas) ,jika bikin baru yaitu : cabe,bawang bombay dan tomat dihaluskan.

Cara buat :
masukkan daging ke panci presto,tambahkan air hingga menggenangi/menutupi seluruh daging. masukkan bwng putih,ketumbar,jahe dan garam. presto sampai empuk (15~20 menit). tiriskan daging ,ambil air sisa rebusan(nanti akan dipakai).goreng daging hingga berubah warna saja.

panaskan minyak , tumis bawang bombay yg diiris hingga wangi dan kecoklatan,masukkan cabe(yg dah campur bwng bombay dan tomat) ,tunggu sampai matang (jika pake cabe yg dah jadi,ga perlu dimasak lama) ,tambahkan air sisa rebusan tadi ,masak sampai air berkurang,masukkan daging dan kentang tunggu air menyusut.

Ctt: kadang saya tambahkan daun jeruk iris pas masak cabenya

Bolkus mekar (tepung beras)


 link resep ada disini http://www.facebook.com/notes/ghandokkoe-ngebul/varian-bolu-kukus-bolu-kukus-tepung-beras-tanpa-soda-tanpa-emulsifier-tanpa-miks/343422372422954 , saya pakai setengah resep 

Bahan 1:
150 gr tepung beras
150 ml air dingin
75 gr gula pasir (ditambahin juga gpp)
1 sdt baking powder 

Bahan 2:
15 gram terigu
25 ml air panas

Cara Membuat :
1. Panaskan dandang
2. Campur tepung beras dengan air dingin, aduk dengan whisk. Tambahkan gula, aduk hingga gula larut.
3. Campur bahan 2, aduk rata
4. Campurkan campuran bahan 2 ke campuran bahan 1, aduk rata.
5. Tambahkan baking powder, aduk rata
6. Tuang ke dalam cetakan. Kukus dengan api besar selama 15 menit.

Bakso Ayam Jamur



-Bakso Ayam Jamur-

Kali ini bikin bakso ayam,utk pelengkap mie ayam. Baksonya dicampur sama jamur karna daging ayamnya tinggal dikit. Rasanya jd tambah enak dicampur jamur

Bahan :
500 gr ayam yg masih setengah beku
2 bh putih telur
4 siung bawang putih
6 sdm (atau lebih ) tepung kanji
Jamur shimeji dan shiitake
Batang seledri (kalo di jepang "serori") plus daunnya dikit
2 sdm minyak wijen
Garam dan merica

Cara buat:
Buang kulit ayam (sisihkan tuk bikin minyak ayam buat mie ayam) ,potong ayam , masukkan ke food processor , giling sampe halus , masukkan jamur dan seledri,giling sekalian
Tambahkan telur lalu ulen (jika food processor nya gede bs smuanya disitu), bawang putih halus, garam dan merica , minyak wijen,aduk rata dan terakhir masukkan tepung, aduk
Rebus bakso di air mendidih api kecil, (periksa rasa dan kekenyalan bakso,jika lembek banget tambahi tepung kanji) , bakso yg sudah mengapung masukkan ke air es lalu tiriskan

resep mie ayam http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2011/12/mie-ayam.html

resep minyak ayam bawang http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2011/12/minyak-ini-adalah-pelengkap-mie-ayam.html

pempek ikan teri



-pempek ikan teri - 

bahan : 
100 gr ikan teri 
300 ml air 
100 gr terigu 
2 sdt garam 
1 siung bawang putih di haluskan 
1/4 bawang bombay rajang 
2 bh telur 
180~190 gr tepung kanji ( td nyediain 200 gr, ga dimasukin semuanya , udah sama tepung buat ngebentuk ) 

cara buat : 

bersama air blender ikan teri sampai bener bener halus . masukkan panci , tambah bawang bombay dan bawang putih , juga garam . hidupkan api , masak sampai mendidih , masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit , aduk cepat , sampai menggumpal . matikan api , dinginkan adonan . 

masukkan ke food processor , tambahkan telur satu persatu sambil di mix , sampai halus ,pindahkan ke wadah 
campurkan tepung kanji , aduk pelan , jangan terlalu di aduk 
bentuk adonan untuk yg kapal selam ( isi telur yg dikocok lepas) , sebagian ada jg yg dibikin lenjer 
makan dengan kuah cuko ( gula merah , tambah bawang putih geprek , cabe , asam kandis ( karna ga ada cuka) , sedikit garam)

Salalauak



-salalauak- 

sumber resep :http://candukuliner.blogspot.jp/2012/04/sala-lauak-pariaman-famous-snack.html

kali ini pakai teri , kebetulan ada . alhamdulillah rasanya mirip seperti yg sering saya beli dulu . makanan favorit waktu sd ini hehe
Bahan
400 gr tepung beras
500 ml air panas mendidih
1 ekor ikan asin peda buang tulang, goreng, suwir halus atau tumbuk atau bisa diganti dengan teri, goreng tumbuk halus.
Iris halus selembar daun kunyit muda

Haluskan
8 cabe mera
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Kunyit secukupnya
Jahe secukupnya
Garam

Cara
Letakkan tepung beras didalam mangkok, masukkan bumbu halus, ikan dan irisan daun kunyit, buat lobang ditengahnya. Siram pelan2 air panas dan aduk dengan spatula hingga tercampur.
Setelah agak dinging, ambil dengan sendok dan bulatkan, sisihkan.
Panaskan minyak dan goreng Sala dengan minyak banyak

ButterCake Pandan



ide resep : sajian sedap.com http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/14353/lemon-poppy-seed-butter-cake#.UnwatvlFV8G


tema PR DA kali ini adalah membuat buttercake dasar . sebenarnya buttercake ini termasuk lebih gampang dibanding tipe sponge cake . resep buttercake yg saya pakai selama ini pakai baking powder, mo nyoba nyoba resep lain yg tanpa btp . ketemu resep di sajian sedap yg simpel dan tanpa btp,saya modifikasi karna yg diminta kali ini buttercake dasar ^^

bahan :

200 gr margarin
150 gr gula
150 gr tepung terigu
15 gr coconut powder(bisa diganti susu bubuk)
15 gr tepung maizena
4 butir telur
pasta pandan

cara :
kocok gula dan margarine sampai lembut dan tercampur rata menggunakan mikser
masukkan telur satu persatu ,sambil terus diaduk dengan mikser
masukkan campuran tepung terigu+maizena+coconut powder sambil di ayak , aduk masih menggunakan mikser kecepatan rendah
masukkan pasta pandan ,aduk lagi

panggang dalam oven 180 derjat selama 30 menit

Makaroni Gratin


Biasanya kalau ada stok keju dan makaroni di rumah suka bikin ini . Anak anak suka,mengenyangkan juga^^ cocok jg buat sarapan 

Resep : 

100 gr makaroni 
Mix vegetable (optional,kalau ada aja) 
1 bh bawang bombay,diiris 
500 ml susu cair 
3 sdm tepung terigu 
1 sdt dashi bubuk(kaldu ikan, kalau ga ada gpp) 
Garam dan merica 

Saus spageti/meat sauce (saya suka nyetok di kulkas , kalau ga ada ini jg gpp,lbh enak kalau ada hehe) 

Buat taburan: 
Keju leleh(keju pizza ) 
Brokoli (rebus sebentar,sekalian pas nge rebus makaroni)

Cara buat :
Rebus makaroni,sisihkan 
Campur tepung ke irisan bawang bombay,aduk 
Panaskan wajan,masukkan 2 sdm mentega (atau minyak) ,masukkan bawang bombay ,setelah bawang bombay layu,masukkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk .masukkan mix vegetable.
tunggu sampai agak mengental,masukkan dashi ,garam dan merica . Masukkan makaroni,aduk 

Tuang ke pinggan tahan panas ,sebagian dulu,taruh saus pizza diatasnya ,tutup lagi pake sisa makaroni ,tata brokoli diatasnya,taburi keju ,panggang dalam oven 200 derjat ,15 menit ( sampai kejunya leleh aja , isinya smua dah matang koq)

Bubur Ayam Praktis ^^









resep

bubur :
2 cup beras
10 cup air
sedikit garam dan merica
cincangan daging ayam
3 lbr daun salam

perbandingan beras dan air 1:5 , cup pakai gelas nya beras.

Kuah :
1 kg ayam utuh, potong 8 ,bagian dada diambil dagingnya dan di potong kotak (tuk masuk ke bubur)
1 ltr air
lengkuas geprek
1 bh sereh
3 lbr daun jeruk
4 lbr daun salam

bumbu halus
3 siung bawang putih
1/4 bawang bombay
1~2 cm jahe
1~2 cm kunyit

Cara Buat :
Masukkan smua bahan bubur ke dalam panci rice cooker, masak dg set tombol bubur

Tumis bumbu halus dalam panci presto ,tambahkan daun daunan ,lengkuas dan sereh ,tumis sampai wangi. masukkan air
masukkan ayam . beri sedikit garam dan merica (bs ditambah nanti bila kurang). presto 20~30 menit . sisihkan/tiriskan ayamnya

sajikan bubur ayam dengan pelengkap (telur rebus , krupuk , ayam suiran , cabe )taburi bawang goreng dan daun bawang

Carrot Cake

Baruu sekali ini nyobain carrot cake,kalo namanya sih udah sering dengar
Ternyata beneran enak yaa,paduan wortel dan cinnamonnya guriih dan moist
Ini pake resep dari cakefever.com tapi saya modif dikit dan hanya pakai setengah resep,cocok buat loyang petak saya yg ukuran 17.5 cm

Anak anak ga bisa berhenti makannya . Padahal kalo wortel yang keliatan bentuknya suka susah disuruh ngabisin terutama afif, kalo aisyah sih suka ama wortel hehe

PR Grup Dapur Aisyah ,Maret 2014
Tema: sayur sembunyi
Nama olahan: carrot cake
Sumber resep : http://www.cakefever.com/resep-carrot-cake/
Modifikasi : pici ummu afif

2 bh telur
150 gr gula
1 gr garam
130 gr tepung terigu
2 gr baking powder
1 gr cinnamon bubuk
125 gr wortel diparut (airnya jgn dibuang)
75 gr minyak sayur

Cara :
Tepung+bp+cinnamon powder di satukan lalu ayak
Kocok telur,gula dan garam hingga kental dan mengembang
Masukkan campuran tepung , aduk dengan mixer kecepatan rendah
Masukkan wortel, aduk dg spatula sampai rata
Masukkan minyak,aduk rata
Masukkan ke loyang (loyang petak 17.5 )
Panggang dalam oven 180 derjat selama 30 menit (oven nya sudah dipanaskan terlebih dahulu)

Risoles Sayuran


PR grup dapur aisyah Maret 2014 
Tema: sayur sembunyi 
Oleh: pici ummu afif 
-risoles sayuran- 

Afif aisyah senang sekali sama yg namanya risoles
Walaupun ini isinya sayur semua,kalo dah disembunyiin dalam balutan tepung gini sekali makan bisa abis 3 sampai 4

300 gr tepung terigu
600 ml air
1 buah telur
garam sedikit
1 sdm minyak sayur (atau Olive oil)
Cara buat :
Campur tepung dan garam , masukkan air sedikit demi sedikit di tengah tepung ,aduk sampai tidak bergumpal , dah tercampur rata baru masukkan sisa air .
masukkan telu,raduk sampai tercampur rata
Tambahkan minyak,aduk rata
Dadar tipis di teflon ,isi lalu lipat ,lakukan sampai habis

Isian nya
1 kaleng tuna (70 gr)
3 bh kentang
2 bh wortel
Buncis
1 kotak toufu/tahu putih
4 siung bawang putih rajang
Bawang bombay rajang
Batang serori(seledri) rajang
Daun seledri diiris
Garam dan merica
Cara :

Tumis bawang bawangan dan batang serori sampai wangi, masukkan ikan tuna
masukkan wortel dan buncis ,aduk
Masukkan kentang, kasi garam merica ,masak sampai sayuran matang
Terakhir masukkan daun seledri dan tahu, aduk rata

Penyelesaian risoles
Masukkan ke telur (yg di kocok lepas), gulirkan ke tepung roti/panko,lalu goreng
Bisa buat stok jg di kulkas/freezer

Coconut cookies

Enak banget ini , gurih ^^

PR grup Dapur Aisyah Mei-Juni 2014

Tema: aneka sajian kue kering Lebaran 
Judul : coconut cookies 

Sumber resep : vahrehvah.com
Modifikasi : amfici eka fitry

Alhamdulillah , bisa juga nyetor pr
Kebetulan lg banyak kelapa di rumah..jadi pengen di buat cookies

Resep :
100 gr mentega
100 gr gula
200 gr tepung terigu (saya pake yg protein rendah)
2 sdm telur (saya ganti susu)
60 gr kelapa kering
Vanila bubuk sedikit
Garam sedikit

Cara:
Aduk mentega sampai lembut (pake sendok kayu aja kmrn) , masukkan gula. Aduk lagi sampai rata. Masukkan 2 sdm susu cair. Tambahkan tepung, aduk rata .tambahkan kelapa,aduk lagi
Diamkan di kulkas 15 menit
Panaskan oven 180 derjat utk 15 menit
Keluarkan adonan dari dalam kulkas. Giling, lalu taburkan dg kelapa lg atasnya, giling sedikit lg, cetak. Panggang di oven yg telah dipanaskan

Puding Kabocha vla santan


PR GRUP DAPUR AISYAH
TEMA : Puding / Agar agar
OLEH :Amfici Eka Fitry
Judul : Puding kabocha vla santan
SUMBER : http://dapurmamaaisyah.blogspot.jp/2014/11/puding-labu-kuning-lapis-coklat.html

Alhamdulillah DA kembali bisa mengadakan kegiatan bulanan . bulan ini tema nya puding . sebenarnya org rumah kurang suka puding dan agar agar, mungkin karna saya juga jarang buatin hehe , abisnya kemarin kemarin susah nyari agar agar disini .

tapi puding labu kuning (kabocha) ini ternyata enak , kabocha memang enak tuk dijadiin campuran , cake kabocha juga enak

saya copaskan resep dari blog sumber yg sudah saya cantumkan diawal :

Bahan
200 gr labu kuning tanpa kulit, kukus dan haluskan
7 gr (1 sachet) agar putih/bening
500 ml susu cair (bisa pake SKM yang dicampur air, kurangi jumlah gula)
200 ml air
120 gr gula pasir atau sesuai selera
2 sdm coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air hangat

Cara membuat
1. Campur semua bahan kecuali coklat dalam panci, aduk rata. Didihkan di atas api sedang sambil diaduk. Angkat
2. Ambil 1/3 bagian, campurkan coklat, aduk rata. Sisihkan
3. Tuangkan agar kuning ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air. Tunggu uap panas hilang dan terbentuk lapisan di bagian atas tapi bagian bawahnya masih goyang (belum keras). Tuang lapisan coklat perlahan supaya tidak bocor. Biarkan mengeras dan sajikan dingin
Note: jika lapisan kuning terlanjur mengeras, gores dengan garpu sebelum dituang lapisan coklatnya supaya hasilnya lapisannya nanti menempel

Vla Santan

Bahan
200 ml santan agak kental
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
Campurkan semua bahan kemudian didihkan di atas api kecil-sedang hingga mengental. Angkat, dinginkan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...