resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Friday, May 11, 2007

ayam dedak ?


Resep dari mama.Menu yang sering jadi pilihan mama di rumah dl.soalnya adek yg laki makannya suka milih2.Dan salah satu lauk nya ya ini.apa namanya ya,kalo panggilan orang rumah sih,"ayam dedak". Apa "ayam serundeng" kali ya? trus ada juga yg bilang "ayam bumbu " sih..hm..
Kebetulan kemaren bawa lengkuas dr ina,jadi bisa deh bikin ini.rakus lengkuas nih resepnya.hehe..

bahan :
  • 500 gr ayam , potong
  • air jeruk nipis
  • kelapa parut kering (secukupnya)
bumbu halus:
  • bawang putih (hm..di kira2 sesuai banyak ayam)
  • 50 gr jahe
  • 50 gr lengkuas (pokoknya ukurannya,jahe ama lengkuasnya sama banyak. di sesuaikan aja ama ayamnya)
  • kunyit ,sedikit
  • garam ,secukupnya
cara buat :
  • campur ayam dengan bumbu halus,dan air jeruk nipis
  • tambah kan kelapa.aduk rata.diamkan 30 menitan
  • goreng dalam minyak dengan panas sedang,berikut bumbunya.sambil di aduk2 ,agar matangnya bersamaan dengan bumbunya. setelah menguning,angkat dengan sendok saring (agar bumbu/dedak nya bisa terambil sekaligus). atau bisa jg dengan di goreng terpisah,ayam nya dulu.baru kemudian goreng dedak nya dengan sedikit minyak hingga kering dan menguning.
  • biarkan dalam saringan dulu,hingga minyaknya benar2 turun (agar renyah)
tips:
  • kalau tidak ada kelapa parut,gak pake juga tidak apa-apa
  • tambahkan telor 1 buah ke adonan,untuk hasil lebih garing

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...