resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Wednesday, October 10, 2007

Risoles


nih makanan yg lumayan sering buat,apalagi sekarang kayaknya bakalan tiap minggu deh. Tapi ga bs nge post resep nya ,masalahnya ga pernah buat takaran tuk kulit nya :D .akhirnya berkat kerja sama dengan fitri chan kemarin ;) , jadi juga deh nakar nya ^-^ .

Bahan tuk kulit :
  • 300 gr tepung terigu
  • 600 ml air
  • 1 buah telur
  • garam dan merica dikiit (ga sampe asin loh)
Cara buat :
  • masukkan air sedikit demi sedikit ke tepung ,dah tercampur rata baru masukkan sisa air . aduk sampai gelombang2 nya ilang
  • masukkan telur (kocok lepas terlebih dahulu), aduk sampai tercampur rata
  • tambahkan garam dan merica
  • olesi teflon dengan minyak menggunakan tissue . setelah wajan panas,buat dadar tipis . (cara nya, kalo yg saya biasa buat : ambil adonan pake satu sendok sayur penuh,lalu tuangkan ke wajan,begitu di tuang,langsung buangkan isi lebihnya ke adonan kembali,sehingga yg nempel dibawah jadi dadar tipis(makanya wajannya harus panas dulu,kalo gak jatuh smua deh isinya pas di buangin balik) , :D ribet jelasinnya yah .)
Tips :
  • kalo mo cepat , bisa di saring adonannya,biar cepat halusnya dan ga ada gelombang2 nya lagi
  • jangan  mengaduk telor nya kayak ngaduk buat cake (dengan semangat gt mksdnya),jangan sampe berbusa, ntar kulitnya jadi ga elastis dan mudah patah kalo di gulung . Aduk nya di putar2 pelan2 aja sampe lendir2 telornya menyatu ama adonan.
  • Masukin telornya harus terakhir,jangan langsung nyampur ngaduk tepung+telor
  • adonan optional,kalo kulitnya masih agak tebel rasanya,tambahin aja air dikit
  • Teflonnya kalo bisa yang ga banyak luka/gores2 nya , biar ga lengket
  • Kalo teflonnya bagus, olesi minyak pas pertama aja,selanjutnya udah ga perlu minyak lagi,langsung tuangin adonan
  • bagusnya, begitu kulitnya jadi langsung di gulungin dengan isi (brarti harus buat isinya dulu), kan enak lengketnya pas masih anget2 gt ^-^
* lebih kurang jadi nya 20 ampe 25 lembar kulit .

Isinya ? hm..tiap org beda2 kali ya ,ada yg pake susu biar kental gt isinya. ni resep saya ,

Bahan Isi :
  • 200 gr daging ayam ,cincang halus
  • 3 bh wortel , potong dadu kecil
  • 3 bh kentang,potong dadu kecil
  • buncis , potong dadu kecil
  • 2 bh telor (1 jg boleh )
  • daun sup/seledri , iris tipis
  • 2 siung bawang putih,rajang halus
  • 1/4 bh bawang bombay,rajang halus
  • garam dan merica secukupnya
  • sedikit minyak tuk menumis
Tuk menggoreng :
  • tepung panir/パン粉/tepung roti
  • telor ,kocok lepas ,beri sedikit garam(dikiit aja)
  • minyak tuk menggoreng
Cara buat :
  • panaskan sedikit minyak , masukkin bawang putih, setelah harum,masukkin ayam. masak sampai ayam berubah warna
  • masukkin bawang bombay.beberapa saat kemudian baru masukkin wortel,lalu kentang,buncis . tunggu sampai sayurnya agak lunak.jangan lupa garam dan merica
  • tambahkan daun sup , lalu masukkin telor, aduk hingga tercampur rata
  • setelah matang , angkat , siap di gulung pake kulit ^-^
  • buat selembar kulit, sendokkan 1 sendok ato lebih isi , lalu gulung (gulungnya:kiri dan kanan dulu,lalu dari bagian depan ke belakang).Biasanya sih , selesai satu gulungan,selesai pula satu kulit,begitu seterusnya hingga selesai .
  • risoles yg udah siap di gulung , celupkan ke telor,balurkan ke tepung panir/tepung roti,goreng deh ^-^
selamat mencoba ^-^

3 comments:

ummu nauroh said...

hei..hei..ada nama v3 tuh disebut ;) hehe...foto yg cara buat kulitnya ngga dipostingkan ka?gmn risoles yg kemarin v3 buat? masih hrs belajar lg yah :"-) arigatou sensei dah ajarin buat risoles ^-^

Ummu Zahrah said...

iya,kmrn mo di postingin sbnrnya,tp foto nya masih di keitai dan keitainya lg abis batre waktu tuh(kan pengecasnya di nagano :D).ntar kalo sempet di edit. ho ho udah OK loh ,oishikatta yo !nagih makannya.hehehe..ayo buat yg banyak lg,ntar kirim ksini ;) hihi

Ummu Zahrah said...

fitri chan,gomen nasai.fotonya ga jadi bisa di post.soalnya kan fotonya di keitai yg lama yg rusak kemaren tuh.ilang deh datanya :( . sekkaku dah capek2 moto2 noni ne.. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...