resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Wednesday, October 17, 2007

seluk beluk kentang


CARA MEMILIH DAN MENYIMPAN
Kentang yang baik harus cukup keras, kulitnya mulus dan permukaanya rata. Pilih yang tidak banyak matanya dan bebas dari noda hijau. Kentang yang bergelombang, membutuhkan waktu lebih saat pengupasan.
Seperti dijelaskan di atas, noda hijau pada kentang dicurigai mengandung solanin. Jadi, sebaiknya dihindari. Noda hijau juga membuat kentang terasa pahit.
Kalau Anda membeli kentang dalam jumlah banyak, simpan di tempat yang kering, gelap, dan sejuk. Kentang jangan dicuci sebelum digunakan. Tidak dianjurkan menyimpan kentang dalam lemari pendingin. Simpan kentang jauh-jauh dari bawang supaya tidak cepat busuk.
Kentang dapat dibekukan sampai tiga bulan. Caranya, kupas, cuci, dan potong tipis-tipis. Rendam dalam air selama 2 menit. Cuci kembali dalam air dingin, keringkan, dan simpan dalam kantung plastik di freezer.
CARA MENGOLAH
Kentang sebaiknya tidak dikupas terlalu dalam supaya vitamin dan mineralnya tidak hilang. Potong kentang dalam ukuran yang sama supaya waktu selesai memasaknya sama. Untuk merebus kentang utuh dibutuhkan waktu 40 menit, 20 menit kentang yang sudah dipotong empat, 12 menit potongan kecil sekali.
Sebaiknya kentang direbus dalam jumlah sedikit agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Air rebusan kentang kaya vitamin hingga bisa dibuat sup dan kaserol. Untuk mempertahankan vitamin dan mineralnya, Anda bisa merebusnya bersama kulitnya.Kentang yang dioven bisa langsung ditaruh di rak oven. Atau di atas loyang dengan sedikit minyak dan mentega. Pasang temperatur sampai 200 derajat Celcius.
Cara paling baik untuk mempertahankan nutrisi kentang adalah memasaknya dalam microwave tanpa dikupas. Letakkan kentang dalam keadaan terbungkus aluminium foil atau di piring. Balik-balik supaya matangnya merata. Lebih baik memilih kentang yang ukurannya sama hingga matangnya bersamaan.

Tips Memilih dan Mengolah Kentang Sesuai Masakannya
KENTANG GORENG
Bila Anda ingin kentang goreng yang renyah, tentu pilih kentang yang kandungan airnya sedikit (kentang seperti ini dijual dalam bentuk potongan jari). Tetapi penyajiannya harus panas dan segera setelah diangkat. Karena kandungan airnya sedikit, kentang jadi keras setelah dingin. Kalau Anda menginginkan kentang goreng biasa, misalnya untuk teman makan stik, pilih kentang biasa atau kentang kecil. Kentang harus sudah dikupas dan direndam dalam air yang telah dibubuhi garam. Setelah digoreng hingga cokelat, Anda dapat menumisnya dalam butter dan bawang putih.
PERKEDEL DAN KROKET
Sampai saat ini, di Indonesia, kentang tes paling baik untuk perkedel dan kroket. Kukus kentang (jangan direbus supaya tidak menyerap air) bersama kulitnya sampai lunak. Setelah itu kuliti dan lumatkan. Kentang siap diolah. Kentang juga bisa digoreng sebelum dilumatkan. Cuma saja kentang menjadi berkulit hingga hasilnya kurang mulus di samping itu kentang jadi berminyak.Bila Anda ingin membubuhi susu dalam adonan, pilih susu bubuk, bukan susu cair atau susu kental manis. Adonan yang terlalu lembek, sering membuat perkedel atau kroket jadi pecah saat digoreng.
PASTEL TUTUP
Kentang biasa bisa digunakan untuk membuat pastel tutup karena adonan akan diberi campuran lain, termasuk susu, mentega, atau telur. Di samping itu pastel tutup umumnya disuguhkan di dalam pinggan dan diambil dengan cara disendoki.
DIMASAK BERSAMA BAHAN LAIN
Banyak masakan kita yang menggunakan kentang. Misalnya, semur atau rendang. Untuk semur, bisa dipilih kentang biasa. Goreng dulu sebelum dicampur dalam adonan supaya kentang tidak pecah-pecah waktu dimasak dengan daging atau sayuran.
Untuk rendang, Anda bisa memilih kentang kecil. Masak bersama kulitnya saat daging sudah 3/4 matang. Ada baiknya kentang sudah ditusuk-tusuk sehingga bumbu meresap sampai ke dalam.
KERING KENTANG
Kentang tes baik untuk kering kentang. Potong tipis kentang bulat atau sebesar korek api. Rendam kentang dalam air yang dibubuhi garam dan air kapur. Setelah itu tiriskan. Sebelum dimasak kembali bersama bumbu, kentang harus betul-betul bebas minyak supaya hasilnya renyah.
METODE WAKTU CARA TEHNIK
Merebus 40 menit (kentang utuh)
20 menit (seperempat kentang)
12 menit (kentang potongan kecil)
Sikat bersih kulit kentang ataukuliti jika perlu. Rebus selaludalam jumlah sedikit agarcepat matang.
Panggang 40-60 menit Cuci bersih, kuliti. Potong duaatau 4 bagian. Atur di dalampinggan tahan api dengansedikit minyak atau margarin.
Oven dalam suhu 250 derajatCelcius.
Panggang sambil dibungkus 40-60 menit Cuci bersih, lumuri kulitnyasedikit minyak lalu bungkusdengan aluminium foil, oven
dalam suhu 250 derajat Celcius.
Goreng minimal 18 menit Potong kentang tipis. Rendamdalam air es selama 10 menit. Keringkan lalu
goreng dalam suhu 190 derajat Celcius.
Tiriskan 5 - 8 menit. Goreng kembali dalam 200 derajat Celcius selama 3 - 5 menit.
Kentang Pure 15 menit Cuci kentang, kuliti dan hancurkan. Rebus sampai lumat. Keringkan dan rebuskembali dalam susu, mentega, garam, dan merica.



sumber

3 comments:

Ardhia said...

kok gak ada diisi2 lagi sih bu pici..^o^
kangen nih....;)

Ummu Zahrah said...

hehehe...sou dane. lagi terserang penyakit malas nulis . haaik...ganbarimaasu ^-^

donat kentang lembut said...

makasih infonya bund

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...