resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Tuesday, December 11, 2007

kroket kentang


bosen buat risoles trus.., akhirnya buat kroket kentang. hehe...











resepnya ,
bahan kulit :
  • 500 gr kentang , cuci bersih,kukus
  • 1~2 sdm butter
  • 2 sdm mayonaise
  • garam dan merica
  • 1 butir telur
bahan Isi :
  • bawang bombay , cincang halus
  • daging cincang
  • sosis , cincang (kalo ada)
  • 2 bh cabe ,iris ( nih cuma kalo mo ada pedes2 dikit)
  • wortel, potong kotak
  • batang nya daun sup(セロリ), cincang halus
  • daun sup , cincang
  • 200 ml susu cair (kurang lebih, sesuaiin isi aja)
  • keju parmesan
  • garam dan merica
  • bbrp sendok tepung terigu,larutkan dengan sedikit air
  • butter secukupnya untuk numis
bahan lapisan luar :
  • telur, kocok lepas
  • tepung panir /パン粉
Cara Buat :
  • kukus kentang , kemudian kupas kulitnya.Haluskan dengan garpu. setelah halus, campur dengan butter,mayonaise,garam dan merica, lalu telur. sisihkan
  • ngebuat isi : tumis bawang bombay hinnga harum.masukkan daging, sosis. aduk hingga berubah warna. lalu masukkan bahan lain kecuali susu, keju,dan larutan tepung terigu.
  • setelah semua bahan cukup matang,masukkan susu,lalu keju. Tunggu hingga mendidih.
  • Lalu periksa rasa nya(asin kah, asem kah,enak kah..hehehe),kalo udah OK ,kentalkan dengan tepung terigu.aduk2 terus hingga bergumpal2. dingin kan isi.
  • ambil segumpal kentang.bentuk lonjong dengan tangan,lalu buat lubang di bagian tengah nya dengan ibu jari,sampai ke bagian bawah tapi gak tembus.masukkan isi dengan sendok,tutup lubangnya. Ulangi hingga kentang habis
  • gulingkan ke tepung panir dulu,lalu telur,lalu tepung panir lagi. goreng dalam minyak banyak.
* Isi nya jika berlebih,bisa di simpan di kulkas dulu.Bisa di bentuk2 lonjong gt,bs digoreng jd kroket jg,tanpa kentang (langkah ngelapisnya sama ama diatas)

2 comments:

rosy said...

nyam-nyam pasti lezat nih, jadi pengen coba :) thanks yah

Ummu Afif said...

sama sama , semoga bermanfaat :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...