resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Sunday, January 27, 2008

たこ焼き


Takoyaki adalah salah satu makanan khas jepang . tako=gurita ,yaki= bakar. hm..mirip bakwan yang isinya gurita kali yaa..
tanpa cetakan takoyaki,,bukan takoyaki namanya :d
alhamdulillah dapet rejeki cetakan takoyaki ^-^ . yatta..bisa deh bikin agenda buat takoyaki berdua..hehe..kalo sendiri ga seruu.
baru sekali buat,,jadi kangen buat lagi..




bahan :
  • 300 gr tepung terigu
  • 150~200 gr tako(gurita)
  • 800 ml air (kalo ada dasshi,tambahkan 1 bungkus kecil)
  • kol , iris tipis
  • bawang bombay, rajang halus
  • daun bawang (長ネギ), rajang halus
  • teri kering halus (biasa jual di supa2, warna merah)
  • jahe, rajang halus
  • 2 buah telur
  • garam dan merica secukupnya
  • tusuk gigi atau lidi ( untuk muter2 bola)
  • taburan atas : mayonaise dan katsuo
Cara buat :
  • Campur tepung dengan air, masukkan telur, aduk.tambahkan garam merica (kalo kami kemaren tambah bawang putih halus euy..hehe..lidah ina)
  • panaskan cetakan takoyaki. oleskan sedikit minyak. lalu tuangkan adonan dalam jumlah banyak (sampai menutupi seluruh permukaan cetakan).celupkan tako ke masing2 lubang, dan juga bahan2 lainnya dalam jumlah yg banyak , kecuali jahe yaa..hehe. tunggu hingga matang yang di bawah.
  • setelah adonan agak keras, geser2kan adonan yg tumpah diluar lubang hingga ke lubang cetakan, ulangi terus untuk stiap lubang.
  • adonan yang udah matang bawahnya tidak akan lengket jika di puter.puter adonan 45 derjat, isi lubang kosong(pada saat ini di butuhkan keseriusan dan ketelatenan,dan bener2 gak bisa kerja sendiri. karna setiap lubang akan matang bersamaan sehingga menuntut perhatian yang sama), begitu ulangi terus hingga terbentuk bola-bola .olesi permukaan takoyaki dengan minyak,katanya sih biar jadinya agak2 renyah gt. naah..kalo udah gini, enak deh nih muter2innya..tinggal nunggu matang.
  • takoyaki yang udah jadi , harus dikasi olesan dulu . biasanya sih disini pake saus takoyaki itu..cuman gak tau yg mana yg bisa dimakan (ga ada yg bs kali yaa) . jadi pake mayonaise aja dan taburan katsuo

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...