resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Monday, May 12, 2008

Rendang Daging



Rendang adalah masakan yang "hampir rutin" di buat tiap minggu tuk bekal suami pulang ke nagano.hehe
rendang ini sbnrnya bumbunya mirip gulai ,tapi gak pakai kunyit. Kata mama dulu pas pernah nanya,rendang orang minang tuh kenapa bisa itam ya karna itu,karna gak pake kunyit.

Disini mngkin agak susah buat rendang yg banyak dedaknya, soalnya kelapanya gak fresh. Tapi lumayan koq , jadi rendang juga.dan rasanya gak kalah. Pake santan kaleng yg cream bagus deh kayaknya,lbh kental.





Bahan :

  • 1 kg daging sapi , potong2 dan cuci bersih( sampai darahnya ilang)
  • 1 lbr daun kunyit
  • 3 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 2 kaleng santan cream kaleng (isi 1 kaleng 400 ml)
  • 3 bh serai

bumbu yang dihaluskan:

  • 1 1/2 bawang bombay (yang ukuran sedang)
  • 12 siung bawang putih
  • cabe merah
  • 3~4 cm lengkuas ( lengkuas kalau di daging gak papa di banyakin dikit)
  • 2~3 cm jahe
  • 1 sdm bubuk gulai ( kmposisinya:ketumbar,merica,adas,kapulaga,cengkeh,jintan,lada,pala)
  • kalau gak ada bubuk gulai diatas,ga pake juga gpp. pernah coba juga,tetap enak ^-^

Cara Buat :

  • tumis serai,daun kunyit dan daun jeruk hingga harum. masukkan bumbu yang sudah di blender. tunggu beberapa saat
  • setelah bumbu panas, masukkan daging sapi. aduk. tunggu hingga berubah warna.
  • masukkan santan kaleng. selanjutnya tinggal tunggu sampai kering. Jangan sampai pecah santan. dan kalau udah agak mengering,sering2 di aduk karna ada kemungkinan gosong bawahnya kalau gak di aduk. kapan matiin apinya optional ,mau rendangnya kering atau agak basah ^-^

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...