resep

"Resep boleh serupa, tapi tangan tak sama, rezeki tak sama" .Karnanya bila kali ini gagal, bukan karna tak bisa, tapi hanya belum rezekinya sahaja

Wednesday, February 10, 2016

Ayam bumbu



mungkin ini disebut ayam goreng bumbu, atau ayam goreng lengkuas ?
kalo kami sekeluarga menyebutnya ayam dedak hehe,favorit di rumah, mama sering sekali bikin ini

ceritanya ini resep revisi terbaru
beberapa waktu lalu pas nelp mama , konfirmasiin resep ini lg karna kk ipar pengen tau resepnya .sebenarnya saya udah tau dan selalu pake resep yg seperti ini http://watashi-no-daidokoro.blogspot.jp/2012/02/ayam-bumbuserundeng.html dari pertama kali nanya (pertama kali masak ini sendiri, waktu baru sampai di sini dulu) eh ternyataa resepnya ada yg kurang , padahal saya dah cocok dg resep yg lama selama bertahun tahun ( jd favorit keluarga kecil kami juga jadinya, afif suka banget, suami juga)

ternyata pake kelapa parut juga (ga disebutin waktu dulu karna mama saya ngira di jepang ga ada kelapa hehe), dan ada bbrp bumbu tambahan.

resep :
Bahan :
1 kg ayam , potong
50 gr jahe
100 gr lengkuas
8 ~ 9 siung bawang putih
3 bh daun jeruk ,iris
Sedikit kunyit bubuk
Kelapa parut kering (saya ga nakar,secukupnya aja)
garam
air perasan jeruk nipis

Cara buat :
blender jahe,lengkuas dan bawang putih, campurkan keayam,juga smua bahan lain. diamkan 30 menit atau lebih(makin lama makin enak,meresap bumbunya, saya biasanya mendiamkan semalam di kulkas)
goreng dalam minyak banyak .

note: Kalau mama saya goreng ayamnya sekaligus bumbu , tapi ini bener bener harus ati ati.jadi kalo ayam dah mulai kuning,itu dah harus sering diaduk aduk ,biar bumbunya ga cepat coklat , aduk terus sampai matang, nanti matangnya akan bersamaan , bagus warnanya. angkat,taruh di tirisan minyak,tiriskan minyak hingga benar benar kering, nanti bumbunya akan jadi kremes .
Tapi jika blm terbiasa,goreng terpisah aja, ayam dulu . trus bumbu nya nanti ditumisin pake sedikit minyak hingga kecoklatan dan kering.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...